Home ยป Berikut Ini Alasan Kenapa Kalian Gak Boleh Bisnis Bareng Sahabat

Berikut Ini Alasan Kenapa Kalian Gak Boleh Bisnis Bareng Sahabat

by admin
0 comment

Inilah alasan kenapa kalian gak boleh bisnis bareng sahabat

Pada dasarnya membuka usaha sama sahabat atau teman dekat itu sah-sah saja dilakukan. Namun pada dasarnya hal ini gak terlalu dianjurkan. Mengapa?

Mungkin ada beberapa alasan mengapa kalian lebih baik enggak mengajak teman dekat berbisnis atau mengerjakan sebuah proyek. Meski tidak semuanya benar, potensi kerugian yang kalian alami bisa besar dikemudian hari. Kalau resikonya harus kehilangan pertemanan, tentu saja ribet bukan?

Untuk mengetahui alasan-alasan lainnya. Yuk simak ulasan dibawah ini.

Berikut alasan-alasan mengapa kalian enggak disarankan buka usaha dengan sahabat:

1.Sahabat kurang bisa menerima kritik

Namanya juga sahabat,, dia bakal menemani kalian di saat-saat yang sulit. Mendengarkan segala keluh kesahmu dalam menghadapi masalah, dan mungkin mengorbankan apa yang mestinya enggak dia korbankan demi kebahagiaanmu.

Nah, coba banyangkan jika sewaktu-waktu kalian terpaksa mengkritik kinerja atau hasil karyanya di dalam bisnismu. Apa yang terjadi?

Ya, kritikanmu mungkin gak akan pernah jadi motivasi baginya. Yang ada malah demotivasi/parahnya dapat menyebabkan rusaknya hubungan pertemanan kalian.

Mungkin lebih baik sahabat atau teman dekat jadi pendengar kalian ketimbang partner bisnis bukan?

Sahabat kurang bisa menerima kritik (liputan6.com)

2.Bukan urusan sepele memecat sahabat

Pada dasarnya seseorang yang dipecat tentu saja bakalan kehilangan sumber penghasilan. Gak ada jaminan juga dia bakal mudah mencari kerja atau proyek di kemudian hari berhubung persaingan di dunia usaha juga cukup ketat. Bagaimana? Yakin kalian bakal berani memecat sahabat kalian?


3.Perdebatan bisa berujung pada kebencian

Hal yang mustahil jika buka usaha enggak ada yang namanya pedebatan. Proses membangun usaha yang moncer tentu enggak akan lepas dari hal ini karena setiap co-founder dalam bisnis punya pandangan masing-masing soal mengembangkan usaha.

Lalu? Bagaimana jika kalian harus berdebat demi kebaikan usaha dengan shabat sendiri? Tentu saja hal ini dapat merembet ke masalah pribadi yang berujung pada kebencian satu sama lain.

4.Loyalitas dan etos kerja merupakan dua hal yang berbeda

Mungkin sahabat kalian adalah orang yang sangat loyal alias enggak akan meninggalkanmu saat susah. Namun, loyal belum tentu diikuti dengan etos kerja yang baik lho.

Bisa jadi dia memang loyal sebagai seorang partener usahamu, dia rela nombok atau selalu ada di pihakmu. Tapi, dalam urusan kerjaan dia selalu telat karena kebiasaannya.

Misalnya dia enggak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline yang ditentukan hingga hasil kerjanya jauh dari kata perform.

5.Ketika terlibat masalah yang berkaitan dengan uang, semuanya akan hancur

Bukan hanya hubungan pertemanan yang hancur karena uang, hubungan kekeluargaan pun juga bisa. Bayangkan  jika kalian buka usaha dengan sahabatmu, lantas ada tindakan penyelewengan dana yang dia lakukan dan hal itupun tertangkap basah olehmu.

Akan ada perdebatan yang luar biasa bukan? Tidak menutup kemungkinan hubungan kalian dengan sahabatmu kian meretak.

Itulah beberapa alasan mengapa kalian gak boleh bisnis bareng sahabat sendiri. Semoga bermanfaat yak.

You may also like

Leave a Comment