Home Ekonomi Bisnis Terancam Gulung Tikar? Atasi dengan Cara Ini

Bisnis Terancam Gulung Tikar? Atasi dengan Cara Ini

by admin
0 comment

Begini Nih Cara Mengatasi Bisnis yang Terancam Gulung Tikar

Agar sukses untuk menjalankan bisnis kuncinya yakni ketekunan, kecerdasan dan juga kejelian melihat peluang yang ada. Jika kalian lengah sedikit, ancaman gulung tikar yang terjadi pada bisnis kalian bisa saja terjadi.

Meski demikian, pasang surut dalam dunia bisnis sering kali terjadi. Enggak mungkin dong kalian terus menerus untung, pasti sesekali kalian juga pernah berada di posisi yang rendah. Menderita kerugian hingga kegagalan memenuhi target bisnis harus dilihat secara positif. Anggap saja hal ini/posisi ni sebagai pembelajaran buat kalian ke depannya. Bukankah begitu?

Nah, saat bisnis kalian berada di posisi surut, carilah seribu cara dengan memutar otak untuk memulihkan kondisi tersebut, kalian harus cepat tanggap. Jangan sampai terlalu lama bisnis kalian di posisi tersebut, sebab nantinya enggak baik untuk keberlangsungan bisnismu, dan bisa saja berpotensi mengalami gulung tikar.

Berikut ini cara yang bisa kalian lakukan, untuk menyelamatkan bisnismu dari ancaman gulung tikar:

1.Pertimbangkan ide karyawan

Meski kalian adalah seorang atasan, jangan pernah sesekali memiliki sifat egois. Cobalah untuk mendengarkan pemikiran/masukan dari bawahanmu. Sebab, siapa tau mereka memiliki ide cemerlang, ide yang bahkan belum terpikirkan olehmu untuk mengembalikan performa perusahaan.

Berilah kesempatan terhadap mereka untuk berkontribusi lebih, Namun, jangan sampai memberi tahu bahwa kondisi perusahaan tengah terancam gulung tikar, bilang saja bahwa ide tersebut demi meningkatkan performa perusahaan.

2.Minta pendapat seorang professional

Masukan dari karyawan sudah, kini giliran kalian mencari bantuan dari kalangan orang yang professional dalam bidang bisnis. Misal berdiskusi dengan pengusaha-pengusaha sukses yang sudah melewati masalah seperti kalian.

Sumber informasi dari seorang berpengalaman yang bertahun-tahun menekuni bisnis ini adalah cara paling efektif yang bisa kalian lakukan untuk mengembangkan bisnis kalian atau dapat menyelamatkan bisnismu dari ancaman gulung tikar. Bosnus tersendiri jika orang-orang yang sudah sukses tersebut merasa iba dengan kalian dan akhirnya menawarkan bantuan finansial untukmu, lumayan kan hehehe

3.Meningkatkan efisiensi

Kalian bisa melakukan penghematan dalam pengeluaran rutin. Mengurangi biaya operasional sudah menjadi hal yang wajib kalian lakukan demi keberlangsungan bisnismu ke depan.

Kalau di Indonesia sih biasa dilakukan dengan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) beberapa karyawan. Namun kalian juga harus siap, sebab saat kalian memutuskan untuk memecat karyawan, maka kalian harus mempersiapkan uang dalam jumlah besar atau yang biasa disebut pesangon, hal ini justu bakalan membebani keuangan perusahaanmu.

Jika kalian tidak menghendaki cara untuk memecat karyawan, kalian cukup melakukan penghematan dengan memangkas biaya-biaya seperti penggunaan listrik, pengeluaran dana untuk rekreasi kantor atau berhenti sejenak memberikan uang bonus kepada karyawan.

Melakukan penghematan dalam pengeluaran rutin (indobubbletea.wordpress.com)

4.Tingkatkan pelayanan ke pelanggan

Tahukah kamu bahwa pelanggan merupakan aspek yang paling menentukan dalam berbisnis. Jadi mengetahui target pasar dan harapan mereka terhadap bisnis kalian merupakan hal yang wajib kalian lakukan untuk menghindari ancaman gulung tikar.

Kalian bisa melakukannya dengan bertanya akan kepuasan mereka dan apa yang perlu diperbaiki dari produkmu. Ikuti keinginan sebagian besar pelangganmu suoaya memperoleh kepercayaan jangka panjang. Dengan begitu, keuntungan lama kelamaan bakalan berangsur membaik dan berbanding lurus dengan kepercayaan yang kalian peroleh.

5.Manfaatkan peranan media social

Seperti yang diketahui saat ini media social memliki peran besar dalam keberhasilan sebuah bisnis. Masyarakat dari golongan muda sampai tua hamper rata-rata menghabiskan waktu untuk melongok ke perangkat digital yang terhubung dengan media social.

Dalam sebuah strategi marketing, media social saat ini biasa menjadi sarana yang murah dan efektif. Buatlah akun perusahaanmu di facebook, instagram, twitter atau platform lainnya yang lagi booming sebagai sarana untuk pemasaran.

Selain membuat, kalian juga harus rajin aktif, membagikan konten-konten menarik di akunmu yak. Jika perlu berlanggananlah layanan iklan berbayar di platform tersebut, supaya produk kalian semakin dikenal dan kesempatan mendapatkan lebih banyak klien akan semakin besar.

6.Koreksi bisnismu secara objektif

Lihat secara umum apa yang menyebabkan bisnismu enggak berkembang. Periksalah lebih dalam terhadap produk yang kalian keluarkan, layanan yang kalian sediakan, harganya seperti apa dan tentunya kualitas yang kalian tawarkan apakah memuaskan atau tidak. Nah dari situlah kalian bisa mengetahui pos-pos mana yang dapat diperbaiki sesegera mungkin.

Jadi saat masalah utama sudah kalian temukan maka kalian bisa mulai merapikan serta mengembalikan kondisi finansial perusahaan.

Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan saat bisnis kalian terancam gulung tikar, ikuti cara-cara tersebut hingga bisnis kalian kembali kondusif lagi yak. Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment