Home ยป Berikut Pendapatan Perkapita Negara ASEAN, Indonesia di Mana?

Berikut Pendapatan Perkapita Negara ASEAN, Indonesia di Mana?

by Kambali Mansur
0 comment

Daftar pendapatan perkapita negara ASEAN, Indonesia lumayan

Ketika menghitung pendapatan perkapita negara ASEAN, ternyata Indonesia berada pada peringkat lima besar. Hal tersebut sebagaimana dicatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang mengumumkan pendapatan per kapita orang Indonesia mencapai Rp56 juta atau US$3.927 per tahun.

Memiliki besaran pendapatan per kapita dengan angka tersebut, Indonesia berdasarkan klasifikasi Bank Dunia masuk dalam kelompok negara dengan pendapatan menengah ke atas. 

Data yang dicatat oleh BPS tersebut menunjukkan jika pendapatan per orang Indonesia pada tahun 2018 naik sebesar 7,92 persen, dibandingkan tahun sebelumnya  sebesar Rp51,89 juta atau US$3.876,8 per tahun. Sehingga Indonesia masuk dalam kategori negara dengan pendapatan menengah ke bawah.

Berikut Peringkat Pendapatan Perkapita Negara ASEAN

1. Singapura

Bertengger pada posisi teratas, Singapura merupakan negara dengan perekonomian paling bagus di Asia Tenggara. Selain itu Singapura juga merupakan negara kedua di tingkat Asia, dan masuk dalam daftar 10 besar negara terkaya di dunia. Pendapatan per kapita Singapura mencapai US$52.841 (Rp708,07 juta).


2. Brunei Darussalam

Peringkat kedua adalah Brunei Darussalam yang merupakan negara kecil dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Meskipun negara yang kecil, Brunei Darussalam memiliki tambang gas yang melimpah.

Tambang gas tersebut merupakan sumber daya alam unggulan yang kemudian diekspor ke negara-negara lain. Sehingga tambang gas dapat menjadi penyumbang devisa terbesar bagi negara. Pendapatan per kapita Brunei Darussalam adalah US$36.609 (Rp490,56 juta).

3. Malaysia

Negara paling dekat dengan Indonesia, Malaysia dalam beberapa tahun terakhir ini terus menunjukkan grafik peningkatan perekonomiannya. Sehingga tidak heran jika negara Malaysia merupakan negara terkaya ketiga di wilayah ASEAN. Pendapatan per kapita Malaysia adalah US$9.766 (Rp130,85 juta).

4. Thailand

Thailan merupakan negara yang beberapa dekade lalu berada di bawah Indonesia, kini menduduku peringkat empat negara terkaya di ASEAN. Pendapatan negara Thailand mayoritas berasal dari hasil ekspor produk teknologi.

Thailand melakukan ekspor berbagai barang konsumer seperti komponen elektronik, kendaraan bermotor dan perangkat listrik. Selain itu komoditas penunjang negara Thailand adalah sektor pertambangan dan juga pariwisata. Pendapatan per kapita negara Thailand adalah US$5.816 (Rp83,17 juta).

Salah Satu Produk Kamera Buatan Thailand (worthpoint.com)

5. Indonesia

Indonesia menempati posisi kelima dalam daftar pendapatan perkapita negara ASEAN terbesar. dengan sumber daya alam dan berbagai komoditas unggulan yang dihasilkannya.

Keunggulan komoditas alam di Indonesia ditunjang oleh iklim tropis dan banyaknya hutan hujan tropis yang membuat keanekaragaman hayati Indonesia sangat berlimpah. Pendapatan per kapita Indonesia mencapai US$3.927 per tahun (Rp56 juta).

You may also like

Leave a Comment