Home » Investasi Reksadana Saham, Kenapa Tidak?

Investasi Reksadana Saham, Kenapa Tidak?

by Kambali Mansur
0 comment

Bagi pemula, perikut ini hal-hal yang dibutuhkan untuk investasi reksanada saham.

Terdapat berbagai macam investasi yang dapat dicoba bagi pemula, mulai dari tanah, emas, properti, hingga reksadana. Bagi pemula investasi reksadana saham akan sangat menarik.

Investasi Reksadana Saham, Pahami Dulu Seluk Beluknya

Invetasi reksadana di Indonesia diatur dalam Undang-Undang (UU) Pasar Modal No 8 tahun 1995 pasal 1 ayat 27, sebagai suatu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portpolio efek oleh Manajer Investasi (MI) yang sudah mendapat izin dari Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam).

Terdapat beberapa kelebihan investasi reksadana, yaitu reksadana dapat dijadikan investasi awal bagi pemula, lantaran memiliki sifat deversifikasi risiko dan lebih murah.

Reksadana juga cocok bagi investor yang tidak mempunyai waktu untuk mengurus investasi mereka. Investasi reksadana sendiri memiliki manajer investasi yang bertugas mengelola dana dan melaporkannya secara berkala kepada pihak pemodal.

Melihat pergerakan harga saham melalui smartphone (joss.co.id)

Terdapat beberapa reksadana, di antaranya reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran. Reksadana saham sendiri merupakan reksadana yang memiliki risiko paling tinggi , namun juga memiliki keuntungannya yang paling tinggi, karena pasar saham fluktuatif.

Apabila anda tertarik berinvestasi reksadana saham, yang harus anda lakukan adalah membuka rekening saham atau rekening efek di perusahaan sekuritas atau broker. Sekarang calon investor juga dipermudah, lantaran lembaga perbankan di Indonesia juga sudah menjual saham bagi nasabahnya.

Beberapa dokumen yang perlu anda sertakan ketika membuka rekeining afek di antaranya KTP atau paspor, NPWP, buku tabungan, Kartu Keluarga, dan materai 6000.

Setelah itu anda akan diminta untuk top up dana minimal di rekening efek anda. Rata-rata perusahaan sekuritas Indonesia mensyaratkan Rp 5 jutaan, dan untuk perusahaan sekuritas asing pada kisaran Rp 10 hingga Rp 50 jutaan.

Pada masa sekarang perusahaan sekuritas akan mempermudah clientnya dalam jual beli saham, anda akan diberikan akses secara online yang berupa aplikasi yang dapat anda buka dalam smartphone atau laptop anda.


Setelah anda menyelesaikan beberapa langka tersebut, anda sudah bisa memulai membeli saham. Namun terdapat berbagai hal sebelum anda memulai menjadi trader pemula, yaitu untuk pembelian saham minimal adalah 1 yang terdiri dari 100 lembar saham. 

Selanjutnya proses pembelian saham hanya dapat dilakukan pada hari Senin sampai Jumat pada pukul 09.00 hingga 12.00 siang untuk sesi pertama. Dan sesi keduanya dibuka pada pukul 13.30 hingga 16.15 sore.  

Tips terbaik dalam investasi reksadana saham adalah anda juga aktif dalam mengikuti perkembangan ekonomi, bisnis, pasar, bahkan politik. Beberapa aspek tersebut tentu akan mempengaruhi nilai saham yang anda miliki.

You may also like

Leave a Comment