Startup Unik Milik Indonesia yang Belum Diketahui Banyak Orang

Inilah jenis startup milik Indonesia yang belum diketahui banyak orang. Apa aja? Yuk simak!

Apa sih startup itu? Mungkin masih banyak orang yang belum memahami istilah startu.. Kata startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Istilah lainnya yakni perusahaan baru yang sedang berkembang.

Mulai berkembang akhir tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya istilah Startup banyak ‘dikawinkan’ dengan segala yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Salah satu dampak dari digitalisasi ini adalah munculnya startup-startup di berbagai dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Bahkan hingga saat ini, pemerintah pun ikut memberikan dukungan terhadap pelaku industry yang ingin menciptakan startup. Dengan begitu, maka startup yang baru dirintis ini bakalan memiliki kesempatan yang sama untuk maju.

Mungkin saat ini, masyarakat Indonesia hanya mengenal beberapa startup anak bangsa, seperti RuangGuru, Gojek dan Tokopedia saja.

Seperti yang dilansir dari merdeka.com, ternyata startup milik Indonesia tak hanya itu saja lho, masih banyak startup di Indonesia yang belum diketahui banyak orang dan memiliki keunikannya masing-masing lho. Apa aja startup milik Indonesia yang keren dan unik-unik ini. Yuk Simak!

Berikut jenis startup milik Indonesia yang belum banyak diketahui orang, padahal unik dan kece abis lho!

1.Aruna

Aruna.id merupakan sebuah platform yang focus untuk membantu membangun ekonomi dengan membuat perdagangan ikan menjadi lebih adil dan transparan melalui inovasi dan teknologi.

Farid Naufal Alam merupakan salah satu CEO e-commerce aruna.id. Upaya Farid dengan timnya merupakan langkah inspiratif. Bagaimana tidak? Farid dan timnya berhasil mengubah kebiasaan pola jual-beli hasil laut dengan produk Integrated Fisheries Commerce.

Menurut situs resmi aruna.id, Integrated Fisheries Commerce merupakan efisiensi mata rantai perdagangan perikanan yang ada sehingga bisa memberikan benefit maksimal bagi mitra nelayan dan pembeli.

Oleh sebab itu, sebagai pimpinan di aruna.id, Farid menuturkan bahwa, dengan mengajak nelayan sebagai mitra bisni, tim Aruna berupaya mmeningkatkan kesejahteraan hidup nelayan lewat teknologi dan pembinaan.

2.Cakap

Cakap merupakan nama lain dari aplikasi belajar online bhasa asing secara dua arah (two-way interaction) squline yang telah berdiri di Indonesia sejak 2014. Squline menyedikan kursus bahasa Jepang, Inggris, Mandarin dan Bahasa Indonesia secara online.

Lewat aplikasi ini, nantinya pengguna dapatt mengakses pelajaran bahasa asing tanpa terikat waktu dan tempat didukung oleh pengajar professional. Pada lima tahun terakhir, Squline mengalami perrtummbuhaan yang sangat pesat dan mmenjadi platform pembelajaran bahasa terbesar di Indonesia dengan 100.000 lebih pengguna. Luar biasa bukan?

Salah satu startup unik milik Indonesia (id.techinasia.com)

3.Warung Pintar

Warung telah menjadi sebuah bentuk usaha skala kecil yang tidak lepas dari kehidupan masyarakat Indonesia. Di warung,, biasanya masyarakat dapat melakukan berbagai aktivitas sosial, misalnya berbagi cerita, inspirasi atau bahkan bertukar keluh kesah.

Indonesia memiliki 2.734.400 warung yang belum didukung dengan konsistensi produk, system peyimpanan, keseimbangan pendapatan dan pertumbuhan bisnis. Padahal jika didukung dengan kualitas terbaik dan teknologi yang mumpuni, sebuah warung bisa berkemabang sangat pesat.

Warung Pintar melihat adanya kesempatan untuk mengembaangkan konsep warung. Gagasan Warung Pintar dimulai dari komitmen untuk menciptakan revolusi ekonomi masyarakat menengah ke bawwah melalui pendekatan teknologi. Warung Pintar melihat adanya jalan untuk membantu mereka yang ingin memperbaiki kondisi ekonomi dengan memulai bisnis skala kecil.

Warung Pintar juga mengembangkan kesempatan berbisnis yang lebih baik, lebih pintar dan berkelanjutan untuk populasi masyarakat menengah ke bawah dengan membuat wadah yang didukung oleh Internet of Things (IoT) serta analisis data.

4.Astro Bike

Astro Bike merupakan perangkat portable yang dapat mmenyulap sepeda biasa menjadi sepeda listrik. Perangkat ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 5 juta.

“Tujuannya untuk mengembalikan budaya bersepeda,” ujar Wakil CEO PT Astra Teknologi Internasional, Syahrul Awaludin S.

Untuk desain Astro Bike ini dipasang tanpa merusak tampilan asli sepeda dengan menggunakan teknologi Bluetooth connection, multi function app, auto protection dan auto shut-down.

Untuk penggeraknya menggunakan HI-Speed BLDC Planetary Gear Hub 3350W, sedangkan untuk sumber tenaga menggunakan baterai Lithium-Ion/48V 6700mAh dengan pengendali Kontroller BLDC/ V 1.3. Astro Bike mendukung kecepatan maksimal hingga 40 km/jam dengan kekuatan bateraai bertahan selama 1 jam.

Oh iya, ada yang unik dari perangkat satu ini lho gengs, yakni perangkat ini dapat dikontrol dan dikendalikan melalui aplikasi yang terpasang di smartphone pengguna sepeda.

5.Babyologist

Babyologist tidak hanya wadah bagi produk bayi dan parenting saja, tetapi juga dapat menjadi tempat bagi para orang tua muda untuk mengabadikan momen special mereka selama masa kehamilan. Misalnya, persiapan ketika hamil, momen ketika bayi lahir, hingga momen lucu saat membesarkan si kecil yang tentunya aman.

Tak hanya itu saja, babyologist juga menjamin bahwa platform mereka aman karena berisi komunitas ibu yang punya pengalaman serupa. Selain itu, posting momen special jadi tidak tercampur dengan foto-fotolain di media sosial yang beranekaragam.

Bagaimana keren-keren kan startup buatan anak bangsa. Kita patut bangga dan menjaganya nih. Buat kalian yang memiliki ide-ide kreatif cobalah untuk membuka gebrakan-gebrakan startup baru bersama rekan-rekan kalian.