Ternyata Ini Lho Keuntungan dari Sering Mencatat Pengeluaran, Lakukan Yuk!

Kalian seorang pelupa? Bingungers? Terhadap masalah pengeluaran, hingga membuat bertanya-tanya kenapa sih uang jajan atau uang gaji sering habis nggak jelas kemana. Nah, jika kalian masuk dalam kategori tersebut, kalian perlu banget nih untuk memulai kebiasaan mencatat setiap pengeluaran yang kalian lakukan.

Sebagai manusia biasa wajar sih lupa atau bingung, terlebih jika hanya mengandalkan ingatan aja, kalian akan rentan lupa. Kalau sudah lupa, kalian bisa menyalahkan siapa atas habisnya uang tabunganmu? Dompet? Wkwkwk

Oleh karena itu, ada baiknya mulai dari sekarang selalu catat pengeluaran kalian saat belanja atau bepergian kemana pun. Selain bisa tahu kemana larinya uang tabunganmu, mencatat pengeluaran juga bisa bermanfaat di masa yang akan dating lhoo. Tak percaya?

Berikut ini, manfaat dan keuntungan yang dapat kalian dapatkan saat
membiasakan diri mencatat pengeluaran:

1.Menjadi lebih tahu secara detail, untuk kebutuhan apa kita sering menghabiskan uang selama ini

Dengan mencatat pengeluaran dan melihat kembali isi dari catata tersebut, akan membuat kalian tahu dengan jelas kemana larinya uang kalian selama ini. Untuk kebutuhan apa sih kita sering melakukan pengeluaran, apakah
memang penting atau justru hanya sekedar untuk jalan-jalan?

2.Menjadi lebih bisa menahan diri saat ingin mengeluarkan uang

Setelah kalian mengetahui untuk apa uang kalian terpakai, kalian tentunya bakalan bisa memilih untuk menahan diri ketika harus melakukan pengeluaran yang tidak begitu penting. Misalnya saat mendekati akhir bulan da nada teman kalian yang ngajak nongkrong di café mahal, karen kalian sudah tau bahwa ada keperluan yang lebih penting, maka kalian bisa menolaknya secara halus.

Lebih tau mana kebutuhan, mana keinginan (uangonline.com)

3.Enggak akan terjadi yang namanya besar pasak daripada tiang

Ingat pepatah itu bukan? Nah jika ingat, memiliki kebiasaan mencatat pengeluaran juga akan menghindarkan kalian dari yang namanya “besar pasak daripada tiang” yang berarti pemasukan lebih kecil sementara pengeluaran berlebihan. Jadi jika kalian sering mencatat pengeluaran, maka kalian akan disadarkan dan dijauhkan dari pemborosan.

4.Bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan

Kemampuan kalian untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan akan semakin teruji. Kebutuhan merupakan hal pokok setiap bulan yang harus dibeli dan gak boleh dilewatkan seperti bahan pokok, beras, gula, minyak dan lainnya. Sedangkan kalo keinginan bisa ditunda pembeliannya.

Kalian juga bisa memotivasi diri untuk membeli barang yang kalian inginkan dengan menyisihkan gaji atau uang jajan kalian untuk ditabung supaya dapat membeli barang keinginan kalian.

5.Lebih punya kesadaran untuk mengatur uang sendiri

Kebiasaan mencatat pengeluaran akan membuat kalian sadar untuk mengatur keuangan, baik harian, mingguan hingga bulanan. Jika biasanya kalian mengeluarkan uang dengan gampang danpa berfikir panjang, dengan mencatat pengeluaran ini, maka kalian akan lebih memperhitungkan segalanya. Meski demikian, jangan jadi terlalu perhitungan yak gengs, nanti jatuhnya malah pelit. Hehehe

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat kalian peroleh jika kalian sering mencatat pengeluaran kalian gengs. Bagaimana, berminat untuk mencobanya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yak.