Home ยป Blusukan Jokowi di Sulawesi, Apa Saja yang Dilakukan?

Blusukan Jokowi di Sulawesi, Apa Saja yang Dilakukan?

by Kambali Mansur
0 comment

Barikut ini agenda blusukan Jokowi ketika berada di Sulawesi Utara.

Setelah ditetapkan menjadi presiden kembali, Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan blusukan kembali. Blusukan Jokowi kali ini di Sulawesi Utara (Sulut), apa saja yang dilakukannya?

Agenda Blusukan Jokowi Ke Sulawesi Utara

Selama di Sulut Jokowi melakukan beberapa kegiatan, di antaranya menyapa masyarakat, bagi-bagi sertifikat tanah, meninjau daerah wisata, hingga bagi-bagi sepeda kembali.

1. Bagi-Bagi Sepedan dan Sertifikat Tanah

Selama di Sulut Jokowi telah membagikan 2.000 sertifikat tanah untuk masyarakat di provinsi tersebut. Selain itu, dalam kegiatan pemabgian sertifikat tersebut, Jokowi juga membagikan hadiah sepeda kepada warga yang bisa menyelesaikan tantangan darinya.


Dari 2.000 sertifikat tanah tersebut, dibagikan kepada warga dari 11 kabupaten dan kota di Provinsi Sulut. Jokowi menyatakan jika biaya administratif sertifikat tersebut gratis lantaran sudah ditanggung pemerintah provinsi.

Jokowi juga mengatakan jika sertifikat tanah adalah bentuk kepastian atas tanah yang dimiliki warga. Hal tersebut dikarenakan banyaknya laporan sengketa tanah baik antar-warga maupun dengan lembaga karena bukti kepemilikan tanah tidak kuat.

Kemudian Jokowi memanggil beberapa warga untuk maju ke panggung dan berdiri bersamanya untuk menanyakan perihal tanah yang dimiliki mereka. Kemudian Jokowi memberikan tantangan untuk melafalkan Pancasila, lalu mereka diberikan hadiah sepeda oleh Jokowi.

2. Meninjau Kawasan Wisata

Jokowi di Sulut juga bepergian ke kawasan wisata, namun bukan untuk sekadar berwisata. Jokowi meninjau fasilitas di kawasan wisata Sulut dan menginginkan jika fasilitas umum wisata di Sulut harus berstandar minimal bintang 4.

Kawasan Wisata yang dikunjungi oleh Jokowi yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Pulisan, Likupang, Kabupaten Minahasa Utara dan wisata Jendela Indonesia di Kota Manado, Sulut.

Jokowi saat di KEK Tanjung Pulisan (medcom.id)

Menurut Jokowi dua kawasan wisata di Sulut tersebut banyakfasilitas yang harus diperbaiki. Jokowi menginginkan agar di kawasan pantai dibangun plaza pantai dan ada fasilitas toilet di dekat pantai.

Tidak tanggung-tanggung, Jokowi mengingingkan agar fasilitas di kawasan wisata tersebut memiliki standar bintang 4. Jokowi juga mengingatkan agar hal tersebut harus dipenuhi, agar memberikan kenyamanan bagi turis-turis yang berwisata.

3. Mencuri Fokus Turis

Menutup perjalanan blusukannya di Sulut, Jokowi kemudian menginap di Kota Manado. Sebelum istirahat Jokowi masih sempat mampir ke kawasan wisata Jendela Indonesia yang mana ramai oleh wisatawan mancanegara.

Ketika tiba di lokasi, Jokowi Jokowi yang ditemani Gubernur Sulut Olly Dondokambey menjadi pusat perhatian para turis, meskipun sudah sekitar pukul 23.00 Wita. Mereka (turis) dari mancanegara dan masyarakat sekitar heboh dengan kedatangan Jokowi.

Tidak lupa, para wisatawan mancanegara ramai untuk bersalaman dan mengajak Jokowi foto slefie. Blusukan Jokowi di daerah wisata, tidak lupa dirinya juga melihat-lihat stan yang menjual produk aneka kuliner olahan setempat.

You may also like

Leave a Comment