Home » Jokowi, Sosok Pemimpin yang Akrab dengan Rakyat

Jokowi, Sosok Pemimpin yang Akrab dengan Rakyat

by admin
0 comment

Memiliki kebiasaan blusukan membuat Presiden Jokowi lebih dekat dengan rakyat

Presiden Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Jokowi memiliki kesan ramah dan membumi sebagai kepala Negara. Jokowi selalu memiliki cara berbeda saat berdialog dengan masyarakat. Hal inilah yang membuatnya mudah bergaul/akrab dengan masyarakat.

Sifat ini ia lakukan sejak masih menjabat sebagai wali kota Solo, Jokowi sudah sering berdiskusi dengan warga dengan cara blusukan.Blusukan sendiri memiliki arti kunjungan dadakan atau tanpa pemberitahuan. Hasilnya tentu lebih spontan dan bisa lebih dikenal dengan masyarakat.

Begitupun saat Jokowi menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, kebiasaan blusukan itu pun masih ia bawa. Hingga kini, dalam jabatannya sebagai orang nomor 1 di Indonesia, Jokowi juga kerap kali melakukan blusukan dan mau berdialog dengan anggota masyarakat.

Saat berdialog dengan masyarakat pun, Jokowi memiliki cara tersendiri untuk mencairkan suasana. Misalnya saat kunjungan kerja ke daerah, dalam sambutannya Jokowi sering memberikan kuis kepada masyarakat. Kuis Presiden Jokowi ini sangat khas karena jawabannya biasannya sangat mudah dan hadiah yang diberikannya pun cukup menarik, yakni seperda gunung.

Kuis sepeda Jokowi (arah.com)

Meski demikian, pemberian hadiah sepeda tidak diteruskan Jokowi saat memasuki masa kampanya Pilpres 2019, tak lain karena Jokowi kembali mencalonkan dan mmenjadi capres nomor urut 01.

Jokowi juga sering nampak sekali tertawa bersama masyarakat di atas panggung ketika waktunya sesi Tanya jawab. Pembawaan Jokowi yang serius tetapi santai tersebut membuat warga tidak sungkan untuk berbicara atau meminta perhatian dari pemerintah bahkan langsung kepada orang nomor 1 di Indonesia ini.

Pada sebuah kesempatan, penyanyi berparas cantik dan bersuara emas yakni Raisa juga berkesempatan mengungkapkan aspirasinya di depan Presiden Jokowi saat datang ke Istana Negara dalam perayaan Hari Musik Nasional. Tak lupa, setelah Raisa menyanyikan satu lagu dan mengutarakan pandangannya tentang musisi nasional, Raisa meminta sepeda kepada Presiden Jokowi, lalu apa jawabannya?

“Kartu namanya habis, tapi nanti saya kirim sepedanya,” ujar Jokowi.Sontak Raisa pasti girang mendapatkan sepeda istimewa dari Presiden. Ingin ditanya sekaligus didengarkan oleh sang pemimpin? Tentu kalian juga mau bukan. Maka dari itu, sebisa mungkin pilihlah pemimpin yang akrab, merakyat dan sekaligus mendengarkan.

You may also like

Leave a Comment