Home Kabar24 Kesaksian Anas Nashikin, Ketika Moeldoko dan Ganjar Pranowo Dicatut

Kesaksian Anas Nashikin, Ketika Moeldoko dan Ganjar Pranowo Dicatut

by Kambali Mansur
0 comment

Berikut ini kesaksian Anas Nashikin menanggapi kesaksian kubu Prabowo sebelumnya dalam sidang MK.

Pada sidang Mahkamah Konstitusi (MK) yang kembali diselenggarakan hari ini, Tim hukum Jokowi-Ma’ruf menghadirkan Anas Nashikin sebagai saksi. Kesaksian Anas Nasikin berkaitan dengan pelatihan training of trainers (ToT) TKN Jokowi yang sebelumnya disinggung saksi Prabowo-Sandiaga, Hairul Anas Suaidi.

Anas Nashikin sendiri merupakan koordinator bidang pelatihan di Direktorat Saksi TKN Jokowi-Ma’ruf. Berkaitan dengan materi ‘Kecurangan Bagian dari Demokrasi’ disampaikan oleh Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko dalam training of trainers (TOT) pada 20-21 Februari 2019.

Berikut ini Poin Kesaksian Anas Nashikin dalam Sidang MK

1.“Kecurangan Bagian dari Demokrasi”

Berkaitan dengan materi yang disampaikan oleh Moeldoko, Anas Nashikin menyebut jika materi ‘Kecurangan Bagian dari Demokrasi’ disampaikan dalam sesi pemaparannya. Anas juga menyebut jika materi tersebut memang sengaja ditulis sedemikian rupa untuk mengagetkan peserta.

“Jadi begini Yang Mulia, materi ini mesti dipahami secara utuh. Kalau Yang Mulia lihat di dalam slide itu dan lihat di slide-slide berikutnya, maka memang itu sengaja ditulis begitu untuk mengagetkan biar ada perhatian,” kata Anas dalam sidang di gedung MK, sebagaimana dilansir dari detik.com, Jumat (21/6/2019).

Sidang MK (islampos.com)

Perlu untuk diketahui berkaitan materi ‘Kecurangan Bagian dari Demokrasi’ tersebut sebelumnya diungkap saksi 02 Hairul Anas Suaidi, caleg Partai Bulan Bintang (PBB) dalam sidang MK.

 
Berkaitan dengan alasan Nashikin memberikan judul yang clickbait tersebut adalah untuk mengingatkan jika kecurangan merupakan sesuatu yang niscaya perlu untuk diantisipasi di dalam pemilu 2019.

Kemudian Hakim bertanya tentang substansi materi ‘Kecurangan Bagian dari Demokrasi’. 

“Itu mengajak motivasi atau sekadar penjelasan mengenai keadaan yang ada?” tanya Hakim Manahan Sitompul.

“Mengenai keadaan yang perlu diantisipasi tepatnya,” jawab Nashikin.


2. Ujaran Ganjar Pranowo

Berkaitan dengan Ganjar Pranowo, sempat memberikan materi dalam pelatihan saksi di Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, menurut Nashikin hal tersebut adalah salah satu materi yang disebut selalu disampaikan Ganjar berkaitan kewaspadaan menghadapi pemilu.

“Yang saya ingat (tentang materi yang disampaikan Ganjar) salah satunya soal kewaspadaan menghadapi pemilu, di Jawa Tengah itu yang Pak Ganjar rasakan ada isu yang membawa bahwa… yang selalu diulang-ulang itu begini,”Ganjar Pranowo berkata, berdasarkan kesaksian Anas Nashikin di sidang MK ”Waspadalah menghadapi pemilu ini. Jangan merasa sudah menang karena itu berbahaya. Di Jawa Tengah selalu saya dengar ada bahasa, Wes tho lah, tinggal turu wae lho ki menang, kira-kira begitu, tinggal tidur aja menang,”

You may also like

Leave a Comment