Home Kabar24 Orang-Orang yang Nyinyir Sri Mulyani Perihal Utang Negara

Orang-Orang yang Nyinyir Sri Mulyani Perihal Utang Negara

by Kambali Mansur
0 comment

Meski diakui secara internasional, Menteri Keuangan Sri Mulyani di dalam negeri sering mendapat kritikan pedas

Tidak hanya Presiden, kritik juga menghampiri menterinya, salah satunya adalah Sri Mulyani. Berkaitan dengan banyaknya utang negara, kritik kemudian dilancarkan ke Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Meski Dikritik, Sri Mulyani Tetap Santai

Terdapat beberapa tokoh yang terang-terangna menyerang Sri Mulyani, beberapa di antaranya adalah Prabowo Subianto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli.

Menanggapi kritikan tersebut, Sri Mulyani kemudian menjawab dengan santai, bahkan menuliskan puisi yang panjang seperti yang dimuat pada akun Instagramnya @smindrawati. Berikut ini beberapa tokoh yang mengkritik Sri Mulyani.

1.Ketua MPR

Zulkifli Hasan yang merupakan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pernah mengatakan jika masalah pengelolaan utang, mencegah krisis secara dini ini harus diselesaikan. agar ketahanan ekonomi kuat.

Zulkifli kemudian menyoroti utang pemerintah yang diketahui jumlahnya mencapai Rp 4.200 triliun. Dia juga mengatakan, jika kemampuan mencicil utang yang dilakukan pemerintah sudah di luar batas kewajaran.

Rizal Ramli yang menyebut Sri Mulyani ‘Ratu Utang’ (mediaindonesia.com)

2. Calon Presiden Nomor Urut 02

Kritikan pedas Prabowo Subianto terhadap Sri Mulyani adalah ketika dirinya menjadi pembicara di acara dukungan alumni perguruan tinggi di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini, Jakarta Timur, pada 26 Januari 2019 silam.

Prabowo bahkan menyatakan jika sebaiknya tidak ada lagi ada penyebutan Menteri Keuangan (Menkeu), akan tetapi diganti menjadi Menteri Pencetak Utang.

Pria yang gagal menjadi presiden pada Pilpres 2014 dan 2019 tersebut juga menyebutkan jika kondisi sudah parah.

“Saudara-saudara saya menerima dukunganmu, sebagai kehormatan tapi jangan mengira saya ini orang sakti yang bisa dengan tongkat saya simsalabim selesai, tidak bisa. Ini kalau ibarat penyakit saya katakan stadium sudah cukup lanjut sudah lumayan parah. Utang menumpuk terus,” ujar Prabowo, dilansir dari detik.com, Rabu, (12/06).


3. Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman

Kritikan paling terbaru terhadap Sri Mulyani muncul dari Rizal Ramli yang merupakan Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Rizal Ramli bahkan mempopulerkan julukan “Ratu Utang” pada Sri Mulyani.

Julukan tersebut dilontarkan oleh Rizal Ramli lantaran utang negara yang jumlahnya dari tahun ke tahun terus bertambah. Kritikan tersebut pertama kalinya disampaikan melalui cuitan pada akun Twitter-nya.

“Utang Pemerintah Setahun Naik Rp 347T. Nyaris Rp1 Trillun per hari ! Kok prestasi tertinggi ngutang? Wong Menkeu “Ratu Utang” dipuja2 kreditor karena berikan bunga tertinggi di ASEAN,” cuit akun @RamliRizal.

Tokoh-tokoh tersebut melalui kritik terhadap Sri Mulyani, semoga merupakan kritik yang membangun dan tidak hanya untuk kepentingan politik saja. kritik yang bagus, bukankah kritik yang solulif dan membangun bukan?

You may also like

Leave a Comment