Home ยป Berikut Perusahaan Manufaktur Terbesar di Indonesia dengan Penjualan Tertinggi

Berikut Perusahaan Manufaktur Terbesar di Indonesia dengan Penjualan Tertinggi

by admin
0 comment

Terdapat beeberapa perusahaan besar di Indonesia yang memiliki penjualan sangat tinggi. Apa saja?

Sebelum memasuki lebih dalam mengenai perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia, ada baiknya kita mengetahui makna dari manufaktur itu sendiri. Perusahaan Manufaktur merupakan perusahaan yang menyediakan barang mentah atau bahan setengah jadi. Perusahaan menufaktur bertujuan ada perusahan lainnya yang mengelola dan bahan baku yang mereka produksi menjadi sebuah produk yang diminati masyarakat.

Perusahaan manfaktur akan membuat produk yang diinginkan pasar, dan dalam proses produksi akan melibatkan berbagai faktor, seperti dari SDM, SDA hingga alat mesin-mesin besar. Perusahaan manufaktur juga dapat dikategorikan sebagai perusahaan dagang karena sifatnya yang menjual sebuah produk.

Berikut Perusahaan Manufaktur Terbesar di Indonesia dengan Penjualan Tertingggi

1. PT Astra International Tbk.

Memiliki penjualan  sebesar Rp 206,1 triliun, PT Astra International Tbk berada pada peringkat pertama daftar nama perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia. Perusahaan multinasional yang  bergerak pada bidang otomotif ini telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April 1990. Saat ini PT Astra memiliki mayoritas kepemilikan saham oleh PT. Trans Corp sebesar 50,1%. PT Atsra Interasional mencakup berbagai kegiatan manufaktur seperti perakitan dan penyaluran mobil, perakitan sepeda motor dengan suku cadangnya. Selain itu perusahaan ini juga bergerak pada bidang  penjualan dan penyewaan alat berat, pertambangan, pengembangan perkebunan, jasa keuangan, infrastruktur, dan teknologi informasi.


2. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

PT Semen Indonesia didirikan tahun 1957 di Gresik, Jawa Timur memiliki total penjualan Rp 27,81 triliun, dan menjadi perusahaan produsen semen terbesar di Indonesia. Sejak tanggal 8 Juli 1991 Semen Gresik sudah tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. PT Semen Indonesia juga  merupakan BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat umum. Jumlah produksi saat ini sebesar 29 juta ton semen per tahun, dan sudah menguasai sekitar 42% pangsa pasar semen Indonesia.

Logo PT Semen Indonesia (wikimedia)

3. PT AKR Corporindo Tbk.

Berada pada peringkat ketiga dengan penjualan  Rp 18,29 triliun, perusahaan multinasonal yang bermarkas di Jakarta  ini adalah penghasil berbagai macam produk bahan bakar dan gas alam. PT AKR Corporindo Tbk merupakan perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia tertua yang berdiri dari pada tahun 1977, dan pada tahun 1994 telah menapaki babak baru dalam perkembangan usahanya, yaitu dengan menjadi perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

You may also like

Leave a Comment