Home » Bill Gates Kagum dengan Potensi Ternak Ayam

Bill Gates Kagum dengan Potensi Ternak Ayam

by Kambali Mansur
0 comment

Potensi ternak ayam sangat menguntungkan, hal tersebut diakui oleh orang terkaya di dunia, Bill Gates.

Memelihara ayam adalah kebiasaan yang membawakan keuntungan, bahkan Bos Microsoft mengakuinya. Seberapa besar potensi ternak ayam?

Potensi Ternak Ayam Menurut Bill Gates

melalui blog pribadinya Bill Gates pernah menulis artikel “Mengapa saya akan memelihara ayam?” Artikel tersebut ternyata bukanlah iseng atau main-main.

Asumsi Bill Gates adalah jika orang hidup hanya dengan US$ 2 per hari, maka usaha yang paling mensejahterakan adalah memelihara ayam.

Dilansir dari kontan.co.id, Bill Gates adalah orang takjub pada kehidupan orang-orang miskin yang memelihara ayam di berbagai negara yang pernah dikunjunginya.

Bill Gates yang memiliki hobi traveller tersebut paad akhirnya berkesimpulan  jika kehidupan orang yang hidup dalam jurang kemiskinan akan membaik jika memelihara ayam.

Ternak ayam kampung yang paling menguntungkan (poultryindonesia.com)

Tidak main-main dengan argumennya, Bill Gates mengungkapkan beberapa alasa kenapa harus memelihara ayam. Pertama, ayam adalah hewan yang mudah dan murah dipelihara.

Sebagaimana kita ketahui, ayam tidak membutuhkan perawatan ekstra. Dalam mencari makanan ayam dapat makan apa saja yang mereka jumpai, meskipun perlu untuk memberikan makanan tambahan.

Kedua, ayam adalah investasi yang bagus. Bill Gates mengasumsikan seorang petani di Afrika Barat yang memulai memelihara lima ekor ayam dan dapat berkembang biak dengan cepat.

Bill Gates mengatakan jika salah seorang tetangga petani tersebut secara kebetulan memiliki seekor ayam jantan dan mengawini ayam-ayam petani tersebut.

Dalam waktu tiga bulan, petani tersebut dapat  memiliki 40 anak ayam. Sehingga dengan harga jual U$ 5 per ekor ayam, petani tersebut dapat memiliki berpenghasilan lebih dari US$ 1.000 dalam waktu satu tahun.

Apabila anda ingin berinvestasi ayam, yang paling terbaik adalah memelihara ayam kampung. Ayam kampung sendiri adalah salah satu jenis unggas yang berkeliaran dengan bebas dan banyak dipelihara oleh masyarakat kampung.


Ayam kampung banyak dijumpai di rumah-rumah warga yang masih memiliki cukup lahan untuk memelihara ayam kampung. Ternak ayam kampung sendiri bukanlah hal yang baru di masyarakat Indonesia.

Tentu orang-orang bahkan Anda sudah dari akrab dengan kebiasaan memelihara ayam di rumah. Keunggulan lainnya adalah ayam kampung dapat berkembang dengan mandiri, karena mereka hidup dengan bebas.

Soal makanannya, dalam memelihara ayam kamu tidaklah perlu khawatir lantaran mereka dapat memakan makanan sehat yang bisa mereka pilih sendiri di lingkungan sekitarnya.

Selain itu yang menarik adalah potensi ternak ayam kampung di Indonesia tergolong masih menggiurkan. Hal tersebut lantaran ayam kampung memiliki permintaan pasar yang tergolong tinggi.

You may also like

Leave a Comment