Home Ekonomi Investasi Surat Utang Negara Kini Lebih Mudah

Investasi Surat Utang Negara Kini Lebih Mudah

by Kambali Mansur
0 comment

Dibadingkan investasi lainnya investasi surat utang negara masih terdengar awam di masyarakat.

Mungkin investasi berupa emas, properti, deposito, dan saham masih dapat dimengerti oleh masyarakat. Lantas ada investasi yang tidak kalah menguntungkan yaitu investasi surat utang negara (SUN).

Investasi Surat Utang Negara VS Reksa Dana

Program pemerintah yang mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan investasi surat utang negara kini dipermudah karena ada sistem online yaitu Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR005.

Terdapat beberapa keunggulan dari produk SBR005, di antaranya adalah dapat di-redemption sebagian sebelum jatuh tempo. Bagi anda yang ingin melakukan investasi dengan produk ini maka sebaiknya early redemption yang bisa diajukan pada 27 Januari 2020 pukul 09.00 WIB.

Transaksi tersebut akan ditutup pada 4 Februari 2020 pukul 15.00 WIB. Tanggal setelmen early redemption adalah 10 Februari 2020 dengan nilai maksimal 50% dari setiap transaksi pembelian yang telah dilakukan pada masing-masing mitra distribusi.

Surat utang negara kini diminati oleh generasi millenial (okezone)

Menariknya SUM memiliki jumlah tawaran yang lebih tinggi dibandingkan investasi di Reksa Dana. Tingkat kupon yang ditawarkan sendiri sebesar 8,15%.

Selain itu kupon yang ditawarkan akan mengikuti perkembangan suku bunga BI 7 Days Reverse Repo Rate dengan kupon minimal. Sehingga  jika ada kenaikan pada bunga acuan, maka kupon SBR005 juga akan meningkat.

Bagi kaum millenial yang ingin berinvestasi, kini juga tidak khawatir lagi lantaran surat utang negara dapat dibeli dengan uang minimum Rp1 juta. Bagi yang memiliki dana berlebih, dapat membelinya hingga Rp 3 miliar.

Kemudian jika menghitung keuntungan yang didapatkan setelah membeli SBR005, berikut ini hitungannya jika anda berinvestasi dengan batas minimum yakni Rp1 juta.

Hitungan 8,15% dari Rp 1 juta adalah Rp 81.500, yang kemudian dibagi 12 bulan akan mendapatkan  nominal Rp 6.791. keuntungan tersebut belum dipotong pajak 15% dan menjadi Rp 5.773.


Nominal Rp 5.773 adalah keuntungan setiap bulan dari investasi Rp 1 juta yang anda miliki. Sehingga keuntungan bersih yang dapat anda dapatkan selama satu tahun adalah sebesar Rp69.276. Kemudian jika tenornya selama dua tahun maka anda akan untung Rp138.552.

Keuntungan lain yang didapat dari invetasi ini adalah tidak berisiko tinggi. SUN yang diterbitkan oleh Pemerintah akan memiliki kestabilan finansial yang jauh lebih tinggi dibandingkan saham.

Invetasi surat utang negara akan meminimalisir pembayaran kupon imbal yang terlambat atau gagal bayar. Berbeda dengan pembelian dari obligasi korporasi yang diterbitkan oleh perusahaan swasta nasional.

You may also like

Leave a Comment