Home Ekonomi Jangan Ngaku Kolektor Jam Tangan, Kalau Belum Punya Koleksi Ini

Jangan Ngaku Kolektor Jam Tangan, Kalau Belum Punya Koleksi Ini

by Kambali Mansur
0 comment

Terdapat beberapa jam tangan yang wajib dimiliki oleh kolektor jam tangan, apa saja?

Apakah anda sedang menggeluti hobi sebagai kolektor jam tangan? Apabila demikian, maka hobi yang sedang anda tekuni tersebut akan sangat menguntungkan, karena jam tangan juga salah satu bentuk investasi.

Jika investasi yang diketahui hanya sebatas pada deposito, saham, tanah, dan emas, maka tidak ada salahnya memiliki deretan jam tangan sebagai bekal investasi. Namun perlu diketahui, hanya jam tangan tertentu yang layak dijadikan investasi.

Berikut Ini Jam Tangan yang Diburu Kolektor Jam Tangan

1.Omega Speedmaster

Teknologi chronograph memang sudah ada sejak akhir abad 18, namun Omega baru memperkenalkannya pada tahun 1957. OMEGA Speedmaster merupakan jam tangan chronograph khusus olahraga dan balap, dengan inspirasi namanya dari bingkai skala model tachymeter yang baru. 

Hingga kemudian muncul banyak jam tangan chronograph yang diproduksi dengan nama Speedmaster, salah satunya yang dipakai untuk misi ke bulan oleh  Apollo 11. Speedmaster klasik adalah pilihan terbaik untuk kolektor. 


2. Tudor Submarine

Tudor adalah label jam tangan dari Rolex yang tidak memakai label Rolex. Tudor diciptakan pertama kalinya pada tahun 1950-an, dengan tujuan versi Rolex yang terjangkau harganya tapi tetap berkualitas. 

Hingga pertengahan tahun 1990-an, Tudor menampilkan mahkota dan case Rolex—dan gelang Rolex yang digunakan sampai 1971.  Tudor Submariner adalah rekomendasi bagi kolektor, yang memiliki kaliber 390 Rolex,  17 jewel movement yang berdasarkan Valjoux 722 otomatis. 

3. Enicar

Jam tangan Enicar merupakan jam tangan pertama yang menggunakan material Radium, sehingga jam tangan dapat dibaca dalam kegelapan.  Mulai pertengahan tahun 40-an Enicar sudah mengembangkan chronograph pertamanya.

Barulah pada tahun 60-an dan 70-an Enicar sudah mulai menghasilkan automatic movement. Enicar Sherpa adalah salah satu model yang paling sukses, yang digunakan selama ekspedisi ke Puncak Everest.

Terdapat banyak edisi berbeda dari Enicar Sherpa, yaitu adalah yang memiliki kesamaan dengan jam tangan vintage Longines atau Jaeger dan IWC Compressors.

Enicar Sherpa (fratellowatches.com)

4. Heuer Autavia

Tidak ada yang menyangka jika merek ini pada mulanya bukan diperuntukkan sebagai jam tangan. Heuer Autavia yang pada mulanya berfungsi sebagai timer di dashboard mobil (1933—1958), kemudian pada tahun 1962, Autavia diubah menjadi jam tangan hingga tahun 1986.

“Autavia” sendiri menunjukkan bahwa chronograph pada awalnya dirancang untuk penunjuk waktu Automobile dan Aviation. Arloji ini benar-benar memiliki kesan Heuer, karena tidak bermain pada variasi dan desain, yang membuatnya tampak selalu klasik dan diburu kolektor jam tangan

You may also like

Leave a Comment