Kondisi Harga Pangan di Pasar Tradisional: Harga Minyak Goreng Naik, Pangan Lainnya Turun

Pekan terakhir Januari 2023, harga pangan di pasar tradisional kebanyakan menurun kecuali harga minyak goreng yang mengalami kenaikan. Menurut laporan hargapangan.id, harga minyak goreng curah naik dari Rp15.600 per kg menjadi Rp16.050 per kg, sementara harga minyak goreng kemasan bermerek 1 dan 2 juga mengalami kenaikan.

Namun selain harga minyak goreng, harga pangan lain seperti cabai merah, cabai keriting, dan cabai rawit merah besar justru turun. Begitu pula dengan harga beras kualitas super I yang mengalami penurunan harga. Sementara harga bawang merah dan bawang putih cenderung stabil. Daging sapi kualitas 1 dan ayam ras segar juga mengalami penurunan harga. Daging sapi kualitas 2 justru cenderung stabil.

Meskipun harga minyak goreng mengalami kenaikan, harga pangan secara umum masih stabil dan cenderung menurun. Hal ini bisa menjadi kabar baik bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Kira-kira apakah harga minyak goreng apakah bakal mengalami kenaikan drastis pada bulan Februari 2023 nantinya? Bagaimana respon pemerintah untuk menghambat dan menyelesaikan masalah kenaikan harga dari minyak goreng? Seberapa besar kemungkinan harga pangan atau kebutuhan pokok lainnya mengalami kenaikan harga?