Home » Potensi Bisnis Ikan Nila di Rumah yang Menguntungkan

Potensi Bisnis Ikan Nila di Rumah yang Menguntungkan

by Kambali Mansur
0 comment

Memulai bisnis ikan nila dapat dilakukan di rumah dengan lahan yang sempit.

Berbagai olahan ikan digemari masyarakat Indonesia. Ikan air tawar merupakan jenis yang menjadi favorit masyarakat, terutama ikan nila. Maka tidak heran jika bisnis ikan nila akan sangat menguntungkan.

Ikan nila saat ini menjadi primadona bagi pembudidaya, lantaran memiliki harga yang tinggi dan mudahnya dalam pembudidayaan. Ikan nila juga banyak disukai lantaran rasanya yang enak dan memiliki gizi yang sangat tinggi.

3 Tips Sukses Bisnis Ikan Nila

1. Perhatikan Kondisi Kolam


Hal utama yang perlu diperhatikan adalah kolam anda memiliki ketersediaan air bersih yang cukup. Salah satu penentu sukses usaha ikan air tawar berasal dari air tawar itu sendiri.

Pastikan segera ganti air jika memang air sudah buruk kualitasnya. Jangan sampai terlambat mengganti air, karena akan berakibat fatal bahkan ikan nila dengan kondisi air buruk dapat menyebabkan kematian ikan.

Lakukan penggantian air setidaknya 2 minggu sekali, atau bahkan dapat kurang dari itu jika memang air sudah kotor. Selain itu pastikan tidak ada hama atau pengganggu yang dapat merusak ikan.

Selain itu pastikan juga kandungan air kolam mengandung karbondioksida agar tanaman di dalam kolam dapat berfotosintesis, dan mengandung oksigen agar  ikan dapat bernafas.

Kolam ikan menggunakan terpal (gdmorganic.com)

2. Perhatikan Jenis Tanah di Kolam 
Selain memperhatikan kondisi air dalam kolam, juga perhatikan jenis tanah di kolam. Pastikan jenis tanah yang dibuat kolam adalah jenis tanah yang kasar, halus, dan liat.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya menghindari membuat kolam dari tanah gambut. Lahan gambut dapat menyebabkan banyaknya kematian dari ikan nila.

3. Lakukan Promosi 

Jika semua persiapan teknis sudah selesai, ada baiknya jika Anda melakukan promosi ikan nila langsung, dengan cara bekerja sama dengan warung makan, kedai, restoran, dan penjual ikan mentah.

Jangan ragu memanfaatkan media sosial untuk menjaring rekan bisnis anda. Apabila anda memiliki tempat yang luas, anda dapat juga mengembangkan usaha pengolah ikan nila atau membuat pemancingan ikan nila.




Selain itu, jangan ragu untuk memberikan penawaran yang menarik. Berilah diskon pada pembeli yang membeli jumlah banyak, dan berilah potongan pada pembeli yang sudah berlangganan.

Memulai bisnis ikan nila memang membutuhkan perjuangan, namun penghasilan fantastis adalah hadiah yang akan didapatkan. Jadi untuk membudidayakan ikan nila agar mendapatkan panen raya juga dibutuhkan banyak sekali pengorbananan. 

You may also like

Leave a Comment