Home ยป Tips Investasi Jangka Pendek untuk Pemula

Tips Investasi Jangka Pendek untuk Pemula

by Kambali Mansur
0 comment

Terdapat beberapa tips investasi jangka pendek yang harus diperhatikan.

Pada masa sekarang ini investasi menjadi kesadaran berbagai lapisan masyarakat, terlebih para kaum milenial yang sedang memulai karirnya. Terdapat investasi jangka pendek yang akan membuahkan hasil, berikut ini tips investasi jangka pendek yang dapat dilakukan oleh para pemula.

Kiat dan Tips Investasi Jangka Pendek bagi Investor Pemula

1.Berpikir Sederhana

Meskipun terlihat mudah, untuk berpikiran sederhana di dunia yang begitu rumit ini nampaknya memang susah. Dunia dan perkembangan teknologinya berjalan begitu cepat, sehingga muncul hal-hal baru yang patut untuk diinvestasikan dengan prediksi menguntungkan.

Meskipun perkembangan teknologi sangat cepat namun apabila anda dapat berpikiran sederhana, anda dapat berinvestasi hanya pada hal-hal yang sudah terbukti jadi kebutuhan utama manusia.

Anda dapat memulai investasi pada usaha makanan, minuman, atau minuman berenergi. Dengan memilih langkah tersebut bukan berarti anda menolak segala inovasi baru, namun setidaknya anda berpikir realistis dan tidak ingin ambil resiko pada produk yang hanya diprediksi akan ‘meledak’ di pasaran.

Kebutuhan pokok manusia akan pangan, sandang, dan papan nampaknya memang sederhana, namun hal tersebut akan selalu dibutuhkan oleh manusia.

Fremilt meruakan waralaba thai tea yang sedang populer saat ini (masboedhi.com)

2. Memahami Nilai

Kemudian hal selanjutnya yang harus anda pahami adalah suatu nilai riil atas sebuah usaha atau produk. Tidak hanya mengenal bidang dan pengelolanyayang harus anda perlukan adalah untuk melakukan seleksi ketat atas usaha atau produk sasaran investasi anda.

Sebagai contoh, di era sekarang ini terdapat berbagai produk baru yang cepat melambung di pasaran. Permintaan meningkat, maka nilainya pun melambung tinggi.

Apabila anda tergoda dengan hal tersebut dan kemudian menginvestasikan untuk produk populer tersebut, maka pikirkan dulu apakah produk tersebut benar-benar memiliki nilai yang tinggi?

Sebaiknya kenali dulu nilai riil dari produk populer yang akan anda investasikan. Jangan-jangan dalam beberapa waktu ke depan produk tersebut akan segera tergantikan oleh produk lain. Meskipun investasi jangka pendek, tentunya anda ingin untung yang berkelajutan bukan?


3. Mengenal Pengelola Bisnis

Poin ini adalah lanjutan dari pengenalan usaha yang akan anda tanamkan modal. Pernahkah anda ditawari investasi oleh pihak yang belum anda kenal baik?

Bagi kebanyakan orang, akan tergiur dengan janji besarnya modal yang akan kembali dan langsung memutuskan untuk berinvestasi dengan cepat. Padahal mereka belum tentu paham dengan bidang yang mereka investasikan. Selain itu anda juga harus mengenal pengelola tersebut, apakah capable atau tidak. Jika tidak, langsung tinggalkan!

Pelajaran yang paling penting adalah melakukan investasi jangka pendek yang benar-benar anda pahami dan mengerti. Hal tersebut dikarenakan investasi tidak hanya berkaitan dengan penanaman dan penerimaan balik modal, namun anda juga mesti yakin dan paham pada sektor usaha yang akan dipilih. Apakah tips investasi jangka pendek kali ini cukup membantu?

You may also like

Leave a Comment