Home ยป Bisnis Jual Beli Rumah Bekas Dapat Memberikan Keuntungan yang Berlipat. Simak Tips Untuk Jual Beli Rumah Bekas Berikut ini.

Bisnis Jual Beli Rumah Bekas Dapat Memberikan Keuntungan yang Berlipat. Simak Tips Untuk Jual Beli Rumah Bekas Berikut ini.

by admin
0 comment

Jual beli rumah bekas ternyata dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi pelakunya. Keuntungan yang didapat oleh para pelaku jual beli rumah bekas terkadang dapat berlipat ganda dari harga aslinya, tergantung pelaku bisnis dapat melihat potensi dari rumah yang dijual belikan atau tidak. Sebagai seorang pebisnis properti, dalam hal ini rumah bekas, harus pandai menentukan adanya peluang dari barang yang akan diperdagangkan. Ada beberapa kunci yang dapat Anda lakukan jika ingin mencoba membangun bisnis jasa jual beli rumah bekas.

Untuk menjual atau membeli rumah dengan tujuan meraup keuntungan, perhatikan beberapa hal berikut ini.

1.Perhatikan lokasi dan akses di sekitar rumah
Jika suatu ketika Anda sedang melakukan pencarian rumah atau ditawari sebuah rumah dengan harga yang menurut Anda murah, Anda harus memastikan beberapa hal terlebih dahulu. Salah satunya adalah lokasi rumah tersebut dan akses yang tersedia di sekitar rumah tersebut. Biasanya, rumah yang memiliki akses mudah ke sejumlah tempat fasilitas umu seperti rumah sakit, bandara, atau pusat perbelanjaan, akan banyak dicari pembeli. Jika rumah yang ditawarkan kepada Anda ternyata dekat dengan fasilitas umum dan harganya murah, bisa jadi rumah tersebut adalah jalan
menuju keuntungan Anda nantinya.

2.Perhatikan kondisi rumah
Karena Anda terjun di bisnis jual beli rumah, bukan jual beli tanah, maka kondisi rumah yang akan Anda beli atau jual tentu menjadi sesuatu yang sangat penting. Kondisi bangunan juga akan sangat berpengaruh pada harga. Dengan berbagai kondisi tertentu, keuntungan selalu bisa didatangkan. Misalnya, Anda ditawari sebuah rumah sederhana dengan harga murah dan stratergis. Jika posisi Anda sebagai seorang pembeli, Anda harus menyesuaikan harga dengan kondisi bangunan. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, Anda sebagai penjual nantinya harus memberikan renovasi yang layak, sehingga harga dapat dinaikkan.

3.Ketersediaan air dan listrik
Baik air maupun listrik akan sangat berpengaruh pada harga jual maupun harga properti rumah. Anda harus memastikan ketersediaan keduanya. jika Anda ingin memperjual belikan rumah yang berada di kawasan sulit air, pstikan sumur bor atau air PDAM. Listrik juga sangat menentukan harga. Anda bisa membeli rumah bekas dengan harga murah jika air dan listrik belum tersedia, lalu menjualnya dengan keuntungan sekian persen jika Anda berhasil menyediakan air dan listrik.

Perhatikan dokumen rumah(drpropety.co.id.)

4.Dokumen
Anda harus memperhatikan masalah dokumen dan legalitas rumah yang ingin Anda jual belikan. Periksalah dengan teliti legalitas rumah yang Anda incar. Cek keberadaan surat hak milik (SHM), izin mendirikan bangunan (IMB), dan sertifikat rumah beserta tanah tersebut. Selain dokumen tersebut, Anda juga harus memastikan bahwa rumah tersebut tidak akan menjadi objek sengketa di kemudian hari. Minta juga bukti lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Sertifikat dan legalitas yang jelas akan memudahkanmu saat ingin menjualnya kembali di kemudian hari.

Jika keempat faktor di atas sudah tersedia dan aman, Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment