Home » Tips Ampuh Membeli Rumah Bagi Karyawan Dengan Gaji Kecil

Tips Ampuh Membeli Rumah Bagi Karyawan Dengan Gaji Kecil

by admin
0 comment

Harga rumah yang mahal, membuat keluarga muda menjadi utopis untuk dapat memiliki rumah

Salah satu kebutuhan pokok yang amat diperlukan manusia untuk menjaga keluarga agar tetap aman dan nyaman adalah rumah. Akan tetapi, untuk dapat membeli rumah bukanlah suatu hal yang mudah. Pasalnya, harga rumah selalu berjalan tidak sebanding dengan pendapatan yang diterima.

Harga rumah yang begitu mahal serta tingginya uang muka atau down payment (DP), mengakibatkan beberapa keluarga muda lebih memilih untuk sewa rumah. Namun, anda jangan kuatir, meskipun anda memiliki pendapatan pas-pasan, anda tetap dapat membeli rumah, dengan memperhatikan beberapa tips sederhana dari pakar perencana keuangan One Shildt Budi Raharjo. Menurut budi, prinsip utama agar dapat membeli rumah adalah mengatur keuangan, selain itu kita juga dapat melakunya dengan KPR.

Untuk dapat membeli rumah dengan gaji pas-pasan, simak tips membeli rumah yang diberikan Budi dibawah ini

Menabung (klubwanita.com)

1.Menyisihkan 30 persen dari pendapatan yang kita terima setiap bulan.

Menurut Budi, langkah mudah untuk menabung adalah dengan cara menyisihkansebagian pendapatan yang kita terima sebesar 30 persen setiap bulan. Sisanya bisa kita pergunakan untuk pemenuhan kebutuhan sehari hari, seperti uang sewa rumah, makan, transportasi, komunikasi dan lain sebagainya.

2.Mulailah berinvestasi.

Langkah selanjutnya agar uang yang kita kumpulkan dapat bertambah lebih cepat adalah dengan melakukan investasi. Namun dalam berinvestasi, anda tetap harus memilih investasi yang aman, seperti halnya reksa dana, dari investasi ini paling tidak, anda akan dapat menerima bunga yang cukup besar, hingga delapan persen Selain investasi reksa dana, anda juga dapat berinvestasi dalam bentuk emas.

3.Membuat rekening autodebet.

Pembuatan rekening autodebet akan semakin memudahkan anda untuk menabung. Dengan aoutodebet, pendapatan yang diterima direkening setiap bulanya, secara otomatis akan langsung mengirim uang ke rekening tabungan yang anda buat. Namun, anda harus tetap konsisten untuk tidak menyentuh tabungan yang anda buat, agar uang yang kita tabung dapat cepat terkumpul. “prinsipnya adalah menyisihkan, bukan menyisakan uang dari pendapatan”, tutur Budi.

4.Memilih lokasi rumah.

Lokasi rumah akan mempengaruhi harga rumah yang ingin anda miliki. Oleh sebab itu pilihlah lokasi rumah dengan harga yang bisa dijangkau dengan pendapatan dan tabungan yang telah anda kumpulkan. Meskipun anda sudah membayar uang muka, namun anda tetap harus menuntaskan cicilan rumah yang anda beli.Selanjutnya, hitunglah cicilan bulanan yang disesuaikan dengan pendapatan. Jangan lupa memilih rumah yang dekat fasilitas transportasi umum. Hal ini akan memudahkan anda dalam berhemat.

5.Disiplin dalam menabung.

Disiplin dalam menabung akan membuat uang terkumpul sesuai dengan perkiraan waktu yang anda tentukan. Budi menyarankan, sebelum anda menabung untuk mencicil DP rumah, terlebih dahulu terbebas dari cicilan apapun. “Kalau ada kartu kredit, lunasilah terlebih dahulu, agar tidak kesulitan saat akan mengambil KPR”. Ungkap Budi

You may also like

Leave a Comment