Home » Aktivis ’98 Jadi Menteri di Kabinet Jokowi?

Aktivis ’98 Jadi Menteri di Kabinet Jokowi?

by Kambali Mansur
0 comment

Siapa saja aktivis ’98 yang akan menjadi menteri di Kabinet Jokowi?

Terdengar santer deretan desas-desus nama yang akan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menteri di kabinetnya yang baru. Lalu siapa sajakah yang bakal menjadi menteri di Kabinet Jokowi periode 2019—2024?

Adian Napitupulu Bakal Menteri di Kabinet Jokowi?

Adian Napitupulu (edupublik.com)

Pada periode kepemimpinannya, Jokowi mengaku akan bekerja lebih maksimal, lantaran dirinya tidak lagi memiliki beban dalam lima tahun ke depan. Hal tersebut berkaitan jika dirinya tidak bisa lagi mencalonkan diri sebagai presiden.

“Keputusan-keputusan yang gila, keputusan yang miring-miring, yang itu penting untuk negara ini, akan kita kerjakan. Sekali lagi, karena saya sudah tidak memiliki beban apa-apa,” ujar Jokowi dilansir dari tempo.co, Minggu, 16 Juni 2019.

Jokowi kerap kali mengatakan jika dirinya sudah tidak memiliki beban lagi dalam lima tahun ke depan. Hal yang sama sebelumnya pernah disampaikan saat Jokowi saat menerima pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) pada 13 Juni 2019.

Berkaitan dengan sosok calon menteri di kabinet barunya, Jokowi beberapa kali telah terlihat memberikan sinyal. Jokowi membocorkan jika menteri yang akan dia pilih adalah sosok pembantu yang dapat memimpin dengan karakter kuat dan memiliki keberanian dalam mengeksekusi setiap keputusan yang sulit.

Selain itu Jokowi juga berharap akan menteri yang memiliki kemampuan manajerial yang kuat dan baik. Hal tersebut dikatakan Jokowi dalam acara Halal Bihalal bersama aktivis ’98 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Ahad, 16 Juni 2019.

Pada acara tersebut, Jokowi juga mengatakan jika karakter-karakter tersebut banyak dilihatnya pada aktivis 1998, yang kini masih terus berkiprah dalam dunia politik. Sehingga Jokowi memberi sinyal bahwa para aktivis 1998 memiliki potensi untuk menjadi menteri di kabinetnya mendatang.

Hal tersebut diperkuat karena menurut Jokowi banyak aktivis ’98 yang kini menjadi kepala daerah ataupun anggota parlemen, namun belum ada yang menjadi menteri di kabinet.


Menanggapi sinyal dari Jokowi tersebut, publik kemudian menilai jika politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu akan menjadi kandidat kuat salah satu menteri di kabinet Jokowi.

Memanggapi hal tersebut, Adian meyakini jika Jokowi sudah mengantongi sejumlah nama. Berkaitan dengan siapa saja calonnya, Adian menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi untuk memilih, dikarenakan di kalangan aktivis 98 banyak sekali orang yang siap menjabat di pemerintahan.

Bukannya senang dan girang dengan desas-desus tersebut, Adian yang banyak digadang-gadang sebagai calon menteri oleh para kolega tersebut malah menyatakan jika dirinya enggan menerima tawaran tersebut.

“Saya enggak kuat jadi menteri kalau presidennya Jokowi, capeknya ampun bos. Saya ini, ring jantung aja udah lima, enggak kuat ngikutin jalannya Pak Jokowi,” ujar Adian seperti dilansir dari tempo.co, Minggu (16/06).

Siapa saja yang akan menjadi menteri di Kabibet Jokowi yang baru, semoga saja mereka dapat melakukan apa yang terbaik baik kemajuan bangsa, dan tentu saja bebas dari korupsi. Setuju?

You may also like

Leave a Comment