Home » Jokowi Beri Harapan Ketua Umum HIPMI Menjadi Menteri

Jokowi Beri Harapan Ketua Umum HIPMI Menjadi Menteri

by Kambali Mansur
0 comment

Ketua Umum HIPMI Bahlil Lahadalia dikagumi oleh Jokowi dan disinyalir akan dijadikan menteri.

Ada momen lucu sekaligus serius ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka bersama dengan pengurus pusat (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) HIPMI pada Minggu sore (27/05), salah satunya Jokowi menyinggung berkaitan dengan menteri di kabinet barunya.

Presiden Jokowi mengungkapkan rasa kagumnya terhadap sosok Ketua Umum HIPMI Bahlil Lahadalia.  Menurutnya Bahlil Lahadalia memiliki potensi untuk menjadi menteri.  

Bahlil Lahadalia, Hingga Kriteria Menteri di Kabinet Jokowi

Perlu diketahui Balik Lahadalia merupakan direktur penggalangan pemilih muda Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin, ketika momen kampanye Pilpres 2019 silam.

Sebelumnya Jokowi mengaku mempunyai kriteria khusus untuk para menteri di kabinet selanjutnya. Salah satu yang diinginkan oleh Jokowi adalah para menterinya memiliki kemampuan eksekusi program dan kebijakan pemerintahan yang cepat dan tepat.

“Sudah saya sampaikan bolak-balik, mampu mengeksekusi dari program-program yang ada, kemampuan eksekutor itu yang paling penting,” ungkap Jokowi usai acara buka bersama Hipmi di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta Selatan, dilansir dari liputan6.com, Minggu (26/5/2019).

Jokowi Ketika  Buka Bersama Pengurus HIPMI (medcom.id)

Selain mempunyai kemampuan eksekusi yang cepat dan tepat, Jokowi juga ingin agar para menterinya memiliki kemampuan manajerial, baik manajerial ekonomi makro maupun mikro. Dua hal tersebut merupakan kriteria utama yang dicari oleh Jokowi.

Kendati demikian, Jokowi menyatakan hingga sekarang sedang melakukan penyusunan kabinet dan akan terus dimatangkan. Berkaitan dengan komposisinya, Jokowi menyebut jika partai politik bukanlan menjadi faktor utama dalam memilih menteri.

“Kita enggak bicara masalah parpol dan non parpol. Yang penting kemampuan yang tadi saya sampaikan dimiliki,” ujar Jokowi.

Berdasarkan kriteria tersebut Jokowi menilai jika Bahlil Lahadia merupakan karakter yang cocok dijadikan menteri olehnya. Jokowi menuturkan jika Bahlil merupakan sosok sangat potensial untuk dijadikan menteri.

“Bukan potensi lagi, sangat berpotensi. Kemampuan manajerial, kemampuan mengeksekusi, saya lihat (Bahlil) sudah memiliki,” tutur Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi juga menyatakan akan mempertimbangkan Bahlil sebagai salah satu kandidat menteri kabinet pada periode selanjutnya bersama Cawapres Ma’ruf Amin.


Dengan gaya jenakanya, Jokowi juga meminta kepada anggota HIPMI yang hadir, agar di kemudian hari tidak kaget jika nantinya Bahlil duduk sebagai salah satu menterinya.

Bahlil merupakan salah satu pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf serta menjabat direktur penggalangan pemilih muda pada tim kampanye nasional. Bahlik juga telah mengajak para pemilih muda untuk memilih Jokowi sebagai presiden dalam beberapa kampanye yang dilakukannya.

“Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri, pintar membawa suasana dan juga cerdas, jadi nanti kalau beliau terpilih nggak usah kaget,” imbuh Presiden RI Joko Widodo.

You may also like

Leave a Comment