Home Kabar24 Begini Kondisi Jakarta Pasca Kerusuhan 22 Mei

Begini Kondisi Jakarta Pasca Kerusuhan 22 Mei

by Kambali Mansur
0 comment

Kerusuhan 22 Mei menyisakan banyak kerugian, bagaimana kondisi terkini Jakarta

Pasca kerusuhan 22 Mei, kondisi Jakarta mulai hari ini mulai kondisif. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Purnomo, meskipun dia dan pihaknya akan tetap mengantisipasi adanya massa yang tiba-tiba bergerak dan bertindak anarkistis kembali.

Pasca Kerusuhan 22 Mei, Jakarta Mulai Kondusif


“Hari ini tidak ada (aksi). Tapi ada kemungkinan ada pihak-pihak tertentu yang dengan liar datang ke sini (Bawaslu) melakukan tindakan anarkis,” kata Eddy di gedung Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta, dilansir dari detik.com, Kamis (23/5/2019).

Untuk melakukan antisipasi tindakan anarkis massa, Eddy mengatakan jika polisi akan melakukan tindakan tegas dan terukur jika hal tersebut terjadi. Eddy juga mengingatkan masyarakat apabila melakukan aksi demonstrasi maka tetap menaati aturan.

kendati demikian hingga saat ini aparat gabungan masih melakukan pengamanan pada sejumlah titik rawan. Di antaranya di depan kantor Bawaslu dan gedung DPR/MPR/DPD.

“Saya kira sistem pengamanan kita masih sama dengan yang kemarin, baik itu di Bawaslu, kemudian di tempat tertentu yang memiliki potensi kerawanan seperti DPR,” kata Eddy.

Pasca Aksi 22 Mei terdapat sejumlah fasilitas umum yang mengalami kerusakan. Hingga saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang melakukan upaya pendataan terkait fasilitas umum yang rusak dan menghitung total kerugiannya. 

“Kita lagi inventarisir berkaitan yang masuk dalam aset DBM (Dinas Bina Marga), seperti halte atau JPO yang rusak di lapangan akibat aksi kemarin,” kata Kepala Dinas Bina Marga, Hari Nugroho, dilansir dari detik.com, Kamis (23/5/2019). 

sampai saat ini beberapa titik yang mengalami kerusahan di antaranya sejumlah titik jalur hijau di kawasan Jalan MH Thamrin dan kawasan Flyover Jatibaru. Sebelum Pemprov DKI melakukan perbaikan terhadap kerusakan taman di sejumlah titik yang rusak, hal yang dilakukan adalah menghitung jumlah kerugian terlebih dahulu.

Tanah Abang Pasca Kerusuhan (medcom.id)

Kemudian aktifitas perekonomian di Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, juga masih ditutup pasca aksi 22 Mei. Penutupan tersebut dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan.


Hingga berita ini diturunkan, para pedagang di Blok A Pasar Tanah Abang belum berjualan, meskipun kondisi saat ini sudah kondusif dan dianggap aman untuk melakukan aktifitas jual-beli. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan, belum ada kepastian kapan Blok A dan beberapa lokasi lainnya kembali dibuka. Namun kemungkinan besar, beberapa lokasi perdagangan mulai beroperasi kembali pada hari Sabtu (25/5).



“Informasinya bukanya pada tanggal 25, Sabtu tapi masih lihat situasi dan kondisi di lapangan,” ucap Nasir salah satu pedagang di Blok A, dlansir dari detik.com, Kamis (23/05). 

Nasir mengaku jika setiap harinya dapat memeroleh pendapatan sebesar Rp 10 juta ketika berjualan. Apalagi ketika Bulan Ramadhan, pendapatanya dapat naik hingga dua kali lipat dari hari biasa.

Tidak hanya persatuan berbangsa dan keamanan negara yang menjadi kacau akibat kerusuhan 22 Mei, namun kerusuhan juga berdampak bagi perekonomian mikro di sekitarnya.  

You may also like

Leave a Comment