Home » Jadi Menteri Kabinet Jokowi Lagi atau Tidak, Wiranto Serahkan pada Presiden

Jadi Menteri Kabinet Jokowi Lagi atau Tidak, Wiranto Serahkan pada Presiden

by Kambali Mansur
0 comment

Wiranto belum tahu apakah ia akan kembali menjabat sebagai menteri kabinet Jokowi periode 2019-2024 atau tidak.

Salah satu momen yang ditunggu oleh masyarakat adalah penyusunan menteri kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024. Berbagai spekulasi mulai muncul tentang siapa saja yang bakal menduduki menteri nantinya. Bahkan sempat beredar pesan berantai yang memuat daftar nama yang menduduki menteri untuk pemerintahan Jokowi nanti.

Wiranto jadi salah satu orang yang namanya digadang layak untuk kembali menjabat jadi menteri. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan  tersebut dinilai menunjukkan prestasi kerja yang baik selama jadi menteri. Namun Wiranto sendiri tidak tahu apakah ia akan kembali menjabat atau tidak.

Pasrah jadi menteri kabinet Jokowi jilid II atau tidak

Saat berada di Jakarta Covention Center, Wiranto sempat menyatakan bahwa ia memasrahkan semuanya pada Presiden Jokowi. Apakah ia akan kembali menjadi menteri di pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin periode 2019-2024 atau tidak, ia mengaku pasrah.

“Tanya presiden, kok tanya saya,” ungkap Wiranto, Rabu (3/7/2019).

Selain itu, Menkopolhukam Wiranto juga mengatakan bahwa Presiden memiliki hak prerogatif. Sehingga presiden berhak untuk menentukan siapa saja yang akan menjabat menjadi menteri untuk mendampinginya. Wajar jika Wiranto kemudian memasrahkan semua keputusan kepada Presiden Jokowi.


Wiranto juga berpendapat, salah satu faktor seseorang bisa menduduki jabatan jadi menteri adalah keberuntungan. Sehingga tidak semua orang bisa menduduki jabatan tersebut.

“Enggak usah kira-kira, itu kan untung-untungaan juga ya. Tunggu saja tanggal mainnya diumumkan,” ujar Wiranto.

Wartawan sempat bertanya mengenai kesiapan Wiranto jika ternyata ia kembali menjabat menteri. Namun jawaban Wiranto tidak banyak menjawab pertanyaannya. Ia mengaku masih enggan untuk memikirkan masalah formasi kabinet Jokowi 2019-2024.

“Nanti saja terserah Presiden. Jangan kita sibuk ngurusin (formasi) kabinet. Sekarang semua sibuk urus kabinet bagaimana?” kata Wiranto.

Cak Imin (tengah) (netz.id)

Bukan hanya Wiranto yang disebut memiliki kepantasan untuk kembali menjabat jadi menteri. Beberapa menteri lain juga dinilai berpeluang untuk kembali menjabat. Susi Pudjiastuti dan Sri Mulyani misalnya. Kedua menteri tersebut juga dinilai oleh masyarakat memiliki kinerja yang baik. Kebijakan yang dikeluarkan kedua menteri tersebut dinilai telah membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Kriteria menteri kabinet Jokowi dan Ma’ruf Amin memang sempat disinggung langsung oleh Presiden Jokowi. Beberapa kriteria menteri yang diinginkan Jokowi adalah menteri yang berasal dari generasi milenial. Pernyataan tersebut seolah menepis bahwa menteri yang pernah menjabat memungkinkan untuk menjabat lagi. Namun kembali lagi, semua itu adalah hak prerogatif Presiden Jokowi sebagai presiden.

Pembahasan mengenai menteri kabinet Jokowi-Mar’uf Amin dikabarkan memang belum dilaksanakan. Namun berdasarkan informasi yang beredar, penentuan menteri baru akan dilakukan pada pertengahan Juli. Hal itu diungkapkan oleh Muhaimin Iskandar sesaat setelah melakukan kunjungan ke Istana Presiden bersama petinggi PKB.

You may also like

Leave a Comment