Home » Anak Muda yang Dinilai Layak Jadi Menteri Kabinet Jokowi Jilid II

Anak Muda yang Dinilai Layak Jadi Menteri Kabinet Jokowi Jilid II

by Kambali Mansur
0 comment

Beberapa anak muda digadang jadi menteri kabinet Jokowi jilid II.

Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden RI pada periode 2019-2024. Pada masa jabatannya kali ini Jokowi berpasangan dengan Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden. Terpilihnya Jokowi dan Ma’ruf Amin berarti kabinet kerja Jokowi diperkirakan juga akan berubah.

Dalam memilih menteri baru, Jokowi sendiri telah memberikan beberapa kriteria yang dia inginkan. Kriteria tersebut misalnya, menteri berasal dari generasi muda, cantik, cerdas, berintegritas, dan lain sebagainya. Dengan adanya kriteria tersebut beberapa nama digadang cocok dengan kriteria Presiden Jokowi.

Anak muda yang cocok jadi menteri kabinet Jokowi jilid II

1.Bahlil Lahadalia

Bahlil Lahadalia adalah salah satu generasi milenial yang pernah disinggung langsung oleh Presiden Jokowi. Presiden Jokowi menyinggung nama Bahlil saat menghadiri acara buka bersama pada bulan puasa lalu bersama HIPMI.

Bahlil sendiri merupakan ketua Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Jokowi mengatakan bahwa Bahlil Lahadalia jadi salah satu sosok yang cocok jadi menteri kabinet Jokowi-maruf. Menurut Jokowi, Bahlil merupakan persona yang sangat potensial.

“Adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri. Saya lihat dari samping, dari bawah ke atas, cocok ini kelihatannya. Pintar membawa suasana dan juga ya sangat cerdas, cerdas, cerdas,” kata Jokowi.

2. Agus Harimurti Yudhoyono

Meskipun sempat menyalonkan diri sebagai calon presiden, Agus Harimurti Yudhoyono juga digadang-gadang layak jadi menteri Jokowi-Maruf nantinya. Bahkan AHY beberapa bulan terakhir dikabarkan melakukan beberapa pertemuan dengan Presiden Jokowi langsung di Istana Negara.

AHY juga masuk ke dalam kriteria Jokowi. Selain berasal dari millenial, AHY juga memiliki segudang prestasi. Selain itu AHY juga memiliki integritas yang tinggi.

Agus Harimurti beberapa kali bertemu Jokowi di Istana Presiden (setkab.go.id)

3. Tsamara Amany

Siapa yang tidak mengenal Tsamara Amany. Wanita cantik ini menjadi Ketua DPP pada usianya yang masih muda. nama Tsamara juga dianggap cocok bergabung dalam kabinet Jokowi-Maruf Amin.. Juru bicara PSI, Dara Nasution juga berpendapat bahwa Tsamara Amany cocok karena sesuai kriteria Jokowi yang mencari anak muda yang berprestasi.

“Sama-sama masih muda dan punya kapasitas memimpin (leadership) yang mumpuni. Kita enggak ingin merongrong Pak Jokowi, minta-minta jabatan. Biarlah Pak Jokowi yang memutuskan siapa anak muda yang paling dianggap kompeten untuk ada di kabinet,” kata Dara Nasution.


4. Angela Tanoesoedibjo

Angela Tanoesoedibjo juga dicalonkan masuk ke dalam jajaran menteri kabinet Jokowi jilid II. Putri sulung Ketua Umum Perindo, Hary Tanoesoedibjo, tersebut diusung Partai Perindo menjadi calon menteri Jokowi. Ahmad Rofiq selaku Sekjen Partai Perindo mengatakan, pihaknya sengaja mengusulkan Angela karena sesuai dengan kriteria Jokowi. Angela dinilai memenuhi kriteria menteri yang berasal dari kalangan anak muda, pintar, dan berintegritas.

“Dari apa yang disampaikan Pak Jokowi, Perindo juga menyiapkan diri kalau diminta mengusulkan calon figurnya, yaitu Angela Herliani Tanoesoedibjo,” ungkap Ahmad Rofiq.

Meskipun beberapa nama di atas dikabarkan cocok menjadi menteri kabinet Jokowi periode selanjutnya, namun belum ada komentar dari Jokowi sendiri.

You may also like

Leave a Comment