Home MarketFinansial Atur Gaji Anda agar Keuangan di Bulan Ramadhan Tidak Berantakan

Atur Gaji Anda agar Keuangan di Bulan Ramadhan Tidak Berantakan

by admin
0 comment

Menjelang bulan ramadhan, Anda harus mulai mengatur gaji agar keuangan tidak berantakan.

Pendapatan bulanan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Anda harus memastikan bahwa pendapatan Anda dalam kondisi stabil, terlebih lagi menjelang bulan-bulan ramadhan. Bagi umat muslim, bulan ramadhan menjadi hari perayaan termeriah yang diadakan satu tahun sekali. Dalam perayaan tersebut seseorang harus mempersiapkan kondisi keuangan mereka agar tetap stabil dan kantong tidak jebol.

Meskipun Anda memiliki berbagai jenis jenis gaji yang masuk dalam kantong Anda, tentu akan percuma jika Anda tidak mengaturnya dengan baik.

Baca juga:

Jika Anda Adalah Salah Seorang yang Merasa Sulit Menabung, Ikuti Beberapa Tips Berikut ini.

Tips Menabung untuk Anda Para Istri di Rumah.

Untuk mengantisipasi biaya tak terduga saat bulan ramadhan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan segala sesuatunya jauh hari. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1.Menyusun anggaran keuangan untuk agenda rutin ramadhan

Pada bulan ramadhan, biasanya berbagai agenda tahunan pasti diadakan. Dimulai dari kumpul keluarga besar, kumpul dengan kawan lama, dan berbagai acara yang rutin digelar setahun sekali. Untuk mempersiapkan anggaran dalam acara tahunan tersebut, Anda bisa membuat daftar acara yang sekiranya akan kembali dilakukan. Jangan lupa juga menyiapkan anggaran acara sekaligus. Dengan menyusun anggaran keuangan dalam acara tahunan ramadhan, Anda tidak perlu pusing lagi jika acara tahunan tersebut kembali diadakan. Anda bisa menyisihkan gaji masuk dari bulan sebelumnya untuk persiapan menyambut ramadhan.

2.Anggaran amal dan sedekah selama ramadhan

Bagi umat muslim, bulan ramadhan adalah bulan di mana pahala dilipatgandakan. Karena alasan tersebut banyak umat muslim berbondong-bondong menyisihkan duit gajian mereka untuk diberikan kepada sanak saudara, tetangga, dan orang-orang yang membutuhkan. Selain itu ada biaya zakat dan infak. Anda juga harus mempersiapkan anggaran tersebut jauh-jauh hari. Menganggarkan biaya untuk amal akan mengajarkan Anda cara berdisiplin dalam mengatur keuangan.

3.Anggaran insidental untuk acara seperti buka puasa bersama

Momen puasa ramadhan juga banyak dimanfaatkan bagi sebagian orang untuk mengadakan buka bersama dengan kawan atau keluarga. Namun terkadang  acara ini tidak tertebak kapan akan dilaksanakan. Bahkan buka puasa bersama bisa dikategorikan sebagai acara insidental. Untuk mempersiapkan hal tersebut, sediakan anggaran insidental semacam acara buka puasa bersama. Anda bisa memberikan batas anggaran untuk beberapa kali. Jika acara insidental melebihi anggaran yang telah dipersiapkan, Anda harus menolaknya atau mencari tambahan biaya lain.

Baca juga:

Nasihat Menteri Keuangan: Jika Perjalanan Karir Bagus Jangan Lupa Hal ini.

Anak Dapat Diajarkan Cara Mengelola Keuangan Sejak Dini Dengan Beberapa Cara Sebagai Berikut.

4.Atur uang THR dengan baik

Tunjangan Hari Raya.

THR atau tunjangan hari raya juga didapatkan oleh beberapa karyawan dari perusahaan. THR berbeda dengan gaji bulanan. THR hanya didapat pada saat hari raya saja—bagi umat muslim di hari idul fitri. Jumlah yang didapat juga lumayan bisa menutup kebutuhan atau sebagai uang tambahan dalam mempersiapkan kebutuhan hari raya. Uang THR bisa Anda gunakan untuk keperluan hari raya seperti untuk membeli kue suguhan hari raya, atau membeli bahan pokok penting lainnya.

You may also like

Leave a Comment