Home ยป Tips Menabung untuk Anda Para Istri di Rumah

Tips Menabung untuk Anda Para Istri di Rumah

by admin
0 comment

Para istri yang tidak memiliki penghasilan, Anda juga bisa menabung. Ikuti beberapa tips berikut ini.

Anggaran rumah tangga menjadi hal yang wajib diberikan suami kepada istri. Sedangkan istri bisa bertugas mengatur keuangan rumah tangga. Dalam prakteknya, anggaran rumah tangga yang diberikan suami sering pas atau bahkan kurang. Hal tersebut menjadikan sang istri tidak bisa ikut menabung untuk keperluan lainnya. Meskipun anggaran rumah tangga pas-pasan, sebenarnya istri tetap bisa menabung asal mengikuti beberapa tips.

Tips menabung di rumah yang bisa dilakukan seorang istri adalah berikut ini.

1.Menabung dari sisa uang belanja

Seorang istri biasanya memiliki wewenang untuk mengatur uang belanja yang diberikan suami untuk keluarga. Dalam pengaturannya, istri bisa mencari celah dari sisa uang belanja. Istri bisa membuat list daftar belanja bulanan maupun harian. List tersebut dapat membantu istri membandingkan harga di berbagai toko atau swalayan. Istri juga bisa mencoba menyisihkan uang belanja di awal agar bisa ditabung.

Manfaatkan diskon dan promo. ( idntimes.com )

2.Mencari diskon atau promo belanja

Cara ini terbilang cukup efektif untuk mencari sisa dari uang belanja. Jika istri telah membuat list daftar belanjaan di awal bulan, istri bisa mencari berbagai promo atau diskon yang biasanya diberikan oleh berbagai toko dan swalayan. Istri bisa mencari informasi terkait jadwal atau musim diskon dan promo. Promo dan diskon bisa menghemat pengeluaran rumah tangga minimal 10%. Dengan memanfaatkan promo dan diskon, Anda tidak perlu khawatir dengan belanjaan Anda, bahkan memiliki sisa yang lumayan untuk ditabung.


3.Mengumpulkan uang receh

Sisa uang receh dari berbagai anggaran jangan diremehkan. Meskipun itu hanya Rp100,-. Cobalah untuk lebih teratur mengumpulkan uang receh. Biasanya uang receh didapat dari sisa pembayaran yang menyangkut rumah tangga. Bisa dari sisa pembayaran uang bulanan, uang belanja, dan lain sebagainya. Usahakan memiliki tabungan berupa celengan yang diperuntukkan bagi uang receh.

4.Arisan

Arisan menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk dilakukan, terlebih lagi bagi ibu rumah tangga. Cobalah untuk mengikuti arisan yang biasanya dimiliki oleh kelompok ibu rumah tangga. Jika tidak ada, Anda bisa berinisiatif membuatnya sendiri dengan tetangga lainnya. Dengan menjadi anggota arisan, mau tidak mau Anda harus menyisihkan uang untuk membayar uang arisan tiap bulannya. Cara ini cukup efektif untuk memaksa Anda menabung. Soal jumlah besarannya, cobalah menyesuaikan kemampuan Anda.

5.Diskusikan dengan suami

Suami menjadi kuci keberlangsungan finansial rumah tangga. Jika Anda sebagai istri ingin menabung untuk keperluan pribadi, cobalah berdiskusi dengan suami. Anda bisa meminta tambahan anggaran yang khusus diperuntukkan bagi tabungan Anda. Tidak perlu meminta dalam nominal besar, asal diberikan secara teratur.

You may also like

Leave a Comment