Home MarketFinansial Alasan Mengapa Anak Muda Harus Melek Literasi Finansial

Alasan Mengapa Anak Muda Harus Melek Literasi Finansial

by admin
0 comment

Ada berbagai alasan mengapa anak muda harus melek literasi finansial. Beberapa alasan tersebut ada dalam artikel berikut.

Pendidikan anak muda dalam hal finansial sepertinya masih dianggap sepele. Padahal pengetahuan tentang aspek-aspek finansial menjadi salah satu bekal untuk masa depan. Pendidikan atau literasi finansial tidak melulu diperoleh dengan cara formal. Bisa diperoleh dari artikel di internet, buku, dan sumber pengetahuan lainnya.

Literasi finansial menjadi salah satu bekal paling dasar yang bisa disiapkan oleh anak muda.

Pengetahuan tentang finansial akan membantu anak muda dalam mengelola finansialnya di masa depan. Tidak hanya itu, masih banyak alasan tentang mengapa literasi finansial sangat dibutuhkan. Beberapa alasan tersebut antara lain sebagai berikut.

1.Mudah mengatur keuangan

Baik disadari maupun tidak, kemampuan mengatur keuangan dibutuhkan oleh semua orang dari berbagai profesi. Dimulai dari pedagang, pebisnis, office boy, bahkan sampai ibu rumah tangga, semua pasti membutuhkan kemampuan untuk mengatur keuangan. Oleh karenanya, kesadaran tentang literasi finansial harus dimiliki oleh semua orang. Terlebih lagi anak muda yang sedang mengalami transisi dari pelajar menuju ke dunia kerja profesional. Anak muda bisa belajar tentang aspek-aspek finansial sedini mungkin.

Literasi finansial akan membantu Anda menghindari penipuan. ( breakingnews.co.id )

2.Tidak Mudah Kena Tipu

Alasan lain yang konyol namun masuk akal tentang mengapa anak muda wajib mendapatkan literasi keuangan adalah agar tak mudah kena tipu. Modus penipuan yang semakin hari semakin beraneka ragam membuat kita harus lebih waspada. Kewaspadaan kita terhadap segala bentuk penipuan tidak cukup jika hanya bermodalkan hati-hati. Harus diimbangi dengan pengetahuan. Penipuan yang mengatas namakan investasi, arisan, saham, kadang masih memakan korban. Anak muda yang tidak memiliki pengetahuan tentang aspek finansial akan mudah tergiur dengan tawaran-tawaran tersebut. Ada baiknya mulailah membaca beberapa informasi atau pengetahuan terkait finansial.


3.Terhindar dari kebangkrutan

Kebangkrutan tidak hanya dialami oleh perusahaan atau instansi saja, bahkan seseorang juga bisa dinyatakan bangkrut. Kebangkrutan  bisa terjadi pada seseorang jika ia tidak mampu mengatur keuangan mereka dengan baik. Kebangkrutan pada seseorang tidak diukur dari banyak atau sedikitnya materi yang mereka miliki, namun bisa atau tidaknya mereka mencukupi kebutuhan pribadi dan keluarga. Anak muda yang punya kesadaran finansial akan lebih terampil dalam mengatasi kebangkrutan karena bisa mengatur keuangan, bisa membuat sebuah strategi keuangan, dan sebagainya.

4.Membantu meningkatkan taraf hidup

Bekal pengetahuan dalam finansial menjadikan seseorang lebih paham bagaimana investasi yang baik, tentang cara menabung yang baik, dan berbagai cara meningkatkan pendapatan agar lebih menguntungkan. Dengan bekal tersebut seseorang dapat meningkatkan taraf hidupnya. Keuangan menjadi salah satu kunci penentu masa depan Anda. Jadi cobalah untuk mulai memiliki kesadaran literasi finansial.

Keempat alasan di atas dapat menjadi alasan Anda agar lebih rajin mencari sumber informasi baru terkait finansial. Selamat mencoba.

You may also like

Leave a Comment