Duel Smartphone Terbaik: Zenfone Max Pro M2 VS Redmi Note 7, Pilih Mana?

Memiliki spesifikasi yang mirip Asus Max Pro M2 dan Redmi Note 7 beradi di kelas menengah. Lantas, mana yang paling baik?

Akhir tahun 2018 ASUS resmi memperkenalkan smartphone terbarunya yaitu ASUS Zenfone Max Pro M2,  yang datang dengan chipset Snapdragon 660. Tidak mau ketinggalan, beberapa saat kemudian, brand Xiaomi yang merupakan merek smartphone terlaris di indonesia memperkenalkan smartphone dengan chipset Snapdragon 660 yaitu Redmi Note 7. Apakah kemunculan Redmi Note 7 dapat mengganggu pasar ASUS Zenfone Max Pro M2 di tanah air?

Apa saja keunggulan smartphone Asus Zenfone Max Pro M2 dan Redmi Note 7?

ASUS Zenfone Max Pro M2 dan Redmi Note 7 sama-sama datang dengan dengan chipset Snapdragon 660. Kedua smartphone pilihan ini juga memiliki konfigurasi RAM dan ROM yang sama, yakni 3 GB/32 GB, 4 GB/64 GB dan 6 GB/64 GB. Namun ada satu perbedaan yang kentara, ASUS Zenfone Max Pro M2 mampu menampung slot microSD hingga 512 GB, sedangkan Redmi Note 7 hanya dapat menampung hingga 256 GB. Hal lainnya yang mencolok adalah  ASUS menyisipkan slot microSD secara mandiri sehingga anda tidak mengorbankan penggunaan kartu SIM kedua, sementara Redmi Note 7 masih hybrid.

Kemudian pada layarnya ASUS Zenfone Max Pro M2 memiliki ukuran 6,2 inci, sedangkan Redmi Note 7 adalah 6,3 inci. Keduanya memiliki rasio hampir sama dengan resolusi FullHD+, dengan aspek rasio 19:9 (ASUS) dan 19,5:9 (XIAOMI). Namun ASUS lebih berani memperikan perlindungn Corning Gorilla Glass 6, sedangkan Redmi Note 7 masih menggunakan Corning Gorilla Glass 5. Hal menarik lainnya adalah pada baterai, Redmi Note 7 memiliki kapasitas 4.000 mAh (mendukung fitur Quick Charge 4), sementara ASUS lebih besar yaitu 5.000 mAh. Keduanya sudah sama-sama memiliki fingerprint konvensional di bagian belakangnya.

Redmi Note 7 (hindustantimes.com)

Terakhir adalah pada kameranya, Redmi Note 7 yang digadang ponsel dengan kamera depan terbaik datang mengejutkan dengan mengandalkan dukungan dual-camera belakang 48 MP + 5 MP. Lensa resolusi 48 MP Redmi memiliki bukkan aperture f/1.8 0,8┬Ám, dan kamera sekunder 5 MP aperture f/2.4 untuk menciptakan foto bokeh. Selain itu Redmi juga telah memberikan dual-LED flash untuk mendukung pencahayaan.

Lalu bagaimana dengan ASUS? Zenfone Max Pro M2 juga telah dibekali dengan dual-camera belakang  12 MP aperture f/1.8 + 5 MP dengan aperture f/2.4. Hal menarik dari kamera Max Pro M2 adalah lebih baik dari varian sebelumnya, karena sudah menggunakan sensor Sony IMX. Sementara Redmi baru menggunakan sensor Sony untuk varian yang lebih tinggi yaitu Redmi Note 7 Pro.

Bagi anda pecinta foto selfie, Redmi Note 7 dan ASUS Zenfone Max Pro M2  memiliki resolusi kamera depan yang sama, yaitu 13 MP. Namun ASUS sudah memiliki LED flash yang akan berguna untuk kondisi gelap.

Untuk harganya, ASUS Zenfone Max Pro M2 untuk varian RAM 4 GB memiliki kisaran Rp 3 jutaan, sementara Redmi Note 7 Rp 2,5 jutaan. Mana smartphone terbaik dengan harga murah?