Home Teknologi Pertimbangan Memilih Kamera untuk Foto Landscape yang Menabjubkan

Pertimbangan Memilih Kamera untuk Foto Landscape yang Menabjubkan

by admin
0 comment

Bagi seorang fotografer landscape, tentu kamera yang digunakan akan sangat berpengaruh pada hasil. Kamera seperti apa yang palik baik?

Jenis foto landscape merupakan salah satu aliran fotografi yang paling populer. Berbeda dengan jalan dulu, masa sekarang semua orang dapat memotret pemandangan dengan berbagai jenis kamera yang ada dipasaran, namun apakah kamera tersebut sudah baik untuk menghasilkan foto landscape yang menarik?

Jika di jaman kamera analog, kamera yang digunakan para fotografer dapat bertahan lebih dari 10 tahun, namun di era kamera digital seperti sekarang ini karena teknologi kamera digital belum 100% final (mungkin saat ini baru sekitar 80%), maka banyak produsen kamera terus meluncurkan kamera terbarunya. Sehingga  lantara sistem kamera yang belum sempurna tersebut, membuat banyak fotografer suka mengganti-ganti kamera  yang dipakainya. Lalu kamera seperti apa yang cocok untuk landscape fotografi?

Menghasilkan gambar landscape sempurna, Canon, Nikon atau Sony Full Frame?

Selain paham dengan teknik foto landscape seorang fotografer landscape juga harus menggunakan kamera terbaiknya. Pertama bagi pengguna kamera Canon, mereka akan setuju jika kamera terbaik untuk landscape adalah Canon 5DS R yang  memiliki resolusi tinggi tanpa low pass filter. Kemudian pada kelas Nikon terdapat kamera populer yaitu Nikon D850 yang terkenal dengan daya tahannya. Tentu pilihan lensa Canon dan Nikon yang sangat banyak akan menarik perhatian, selain itu terdapat pihak ketiga seperti Sigma dan Tamron yang juga memproduksi lensa Canon dan Nikon.

Nikon D850 dan Sony A7R III (timeincuk.net)

Dibalik semua keberhasilan DSLR Canon dan Nikon, juga terdapat kelemahan dikarenakan sistem yang mereka miliki masih DSLR. Hal tersebut bukan omong kosong semata, karena teknologi baru kamera saat ini lebih berkembang ke arah kamera mirrorless, yang memiliki kinerja lebih cepat, lebih ringkas, dan mudah pengoperasiannya.

Hal tersebut kemudian dijawab oleh Sony, yang beberapa tahun terakhir ini sedang gencar-gencarnya memproduksi kamera mirrorless. Tentu para penghobi fotografi landscape, akan setuju jika kamera yang terbaik saat ini adalah seri Sony A7R III dengan sensor resolusi tinggi (45MP) dan memiliki kinerja yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Namun tetap saja kamera Sony memiliki kelemahan, yaitu ketika di uji pada kondisi lingkungan ekstrim dan selalu gagal karena seal pada bodi kamera kurang rapat (terutama di bagian bawah kamera). Namun pada kamera Sony generasi terbaru, hal tersebut sudah diatas. Kelemahan lainnya adalah kamera yang memiliki ukuran tombol dan grip yang cukup kecil akan merepotkan para fotografer bertangan besar atau fotografer yang memakai sarung tangan ketika memotret.

Ulasan tersebut adalah salah satu dari sekian banyak tips foto landscape yaitu dengan memilih kamera yang terbaik dan mendukung kegiatan anda.

You may also like

Leave a Comment