Home ยป Berikut ini Adalah Beberapa fakta Menarik Mengenai Stadion Old Trafford yang Menjadi Rumah Sekaligus Markas Besar Tim Manchester United.

Berikut ini Adalah Beberapa fakta Menarik Mengenai Stadion Old Trafford yang Menjadi Rumah Sekaligus Markas Besar Tim Manchester United.

by admin
0 comment

Kerajaan tim sepak bola Manchester United yang berada di stadion Old Trafford selamaini banyak dikunjungi oleh para penggemar dan wisatawan. Selain menjadi kandang bagi MU, Old Trafford juga memiliki berbagai fasilitas menarik yang patut untuk Anda kunjungi ketika berada di Manchester. Di dalam stadion Old Trafford, Anda dapat menikmati segala hal yang berhubungan dengan MU, seperti museum sejarah MU, toko souvenir yang bertemakan MU, ruangan yang digunakan oleh para pemain sepak bola MU, dan spot menarik lainnya. Sebelum Anda berkunjung ke Old Trafford, Anda patut menyimak beberapa fakta menarik tentang rumah tim sepak bola Setan Merah.

Beberapa fakta menarik tentang rumah besar Manchester United di Inggris adalah sebagai berikut.

1.Old Trafford sempat kekurangan biaya pembangunan
Taukah Anda bahwa Old Trafford Stadium dirancang oleh seorang arsitek yang bekebangsaan Skotlandia yang bernama Archibald Leitch. Pada awal pembangunannya, Old Trafford dirancang untuk dapat menampung sekitar 100.000 penonton. Namun dalam masa perjalanannya, stadion tersebut mengalami kendala di permodalan. Masalah tersebut tidak membuat tim MU mencari rumah baru. Hanya saja kapasitas penonton kemudian diturunkan menjadi berkapasitas 80.000 penonton. Pembangunan stadion Old Trafford selesai pada tahun 1909, lalu diresmikan pada tanggal 19 Februari 1910.

2.Old Trafford menjadi korban perang
Bukan hanya penduduk sipil saja yang menjadi korban perang, namun stadion Old Trafford juga sempat mengalami kerusakan karena imbas Perang Dunia II. Kala itu Old Trafor dibom oleh pasukan udara Nazi dalam serangan Manchaster Blitz, sekitar pada tahun 1940. Kerusakan yang disebabkan karena bom tidak hanya didiamkan. Stadion mengalami perbaikan selama beberapa lama. Selama masa tersebut The Red Devils terpaksa harus mengungsi dan meminjam Stadion Maine Road, rumah bagi Manchester City. Manchester City pun memberi izin kepada MU untuk menggunakan stadion mereka untuk menjalani pertandingan kandangnya. Pada tahun 1949, Old Trafford yang telah direnovasi menjadi sebuah rumah baru bagi MU, dan MU kembali ke kandangnya.

3.Adanya terowongan Munich Tunnel di Old Trafford
Jika Anda berkunjung ke Old Trafford, Anda akan menemukan sebuah terowongan yang dinamai dengan Munich Tunnel. Terowongan ini sengaja dibangun untuk mengenang tragedi Munich pada tanggal 6 Februari 1958. Saat itu, pesawat British Airways mengalami kecelakaan saat lepas landas di Bandara Munich-Riem di Munich, Jerman Barat. Di dalam pesawat tersebut terdapat 44 penumpang. 20 di antaranya meninggal dunia, termasuk 8 pemain Manchester United dan 3 stafnya, dan sisanya sakit karena luka parah.

Munich Tunnel di Old Trafford

4.Old Trafford mucul dalam beberapa film
Bagi Anda para pecinta film layar lebar, tentu sering menonton film yang berlatar tempat-tempat keren di berbagai tempat. Namun taukah Anda bahwa Stadion Old Trafford menjadi salah satu stadion yang paling banyak muncul di film layar lebar? Ada beberapa film yang sempat menggunakan Old Trafford sebagai salah satu latarnya, yaitu Hells Is A City (1960), Billy Liar (1963), dan Charlie Bubbles (1968). Itulah keempat fakta menarik yang akan membuat Anda semakin tertarik berkunjung ke Old Trafford. Jika Anda berkunjung ke sana, jangan lupa membawa merchendise yang bertemakan The Red Devil yang ada di Stadion.

You may also like

Leave a Comment