Home Bola Latihan Sepak Bola untuk Anak Berumur di Bawah 10 Tahun

Latihan Sepak Bola untuk Anak Berumur di Bawah 10 Tahun

by admin
0 comment

Ada latihan khusus untuk anak yang masih berusia di bawah sepuluh tahun. Simak artikel selengkapnya.

Masalah bakat dan minat pada anak memang harus diketahui orang tua sedini mungkin. Mengetahui minat dan bakat pada anak penting agar para orang tua dapat membantu mereka dalam mendalami minat dan bakat mereka. Tidak terkecuali dalam hal sepak bola. Jika anak Anda terlihat memiliki minat dan bakat pada sepak bola, cobalah untuk membantunya berlatih. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh mereka sebagai langkah awal mengenal sepak bola.

Contoh program latihan sepak bola untuk anak di bawah 10 tahun yang bisa dilakukan di rumah adalah sebagai berikut.

1.Melatih Gerakan Tubuh

Anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun masih dalam tahap perkembangan motorik. Sebelum berlatih sepak bola, ada baiknya sang anak dilatih untuk mengembangkan gerak dan mengendalikannya. Cobalah untuk memberikan latihan sederhana yang ringan, seperti berlari, berlompat, jongkok, dan lain sebagainya. Lakukan secara rutin agar perkembangan motorik anak dapat berkembang.

2.Pembiasaan dengan bola kaki

Ukuran kaki anak di bawah 10 tahun seolah-olah masih kalah dengan ukuran bola kaki. Agar anak lebih terbiasa dan percaya diri, buatlah mereka agar terbiasa dulu degan bola kaki. Perkenalkan pula beberapa gerakan sederhana untuk menendang bola. Anda dapat memberikan contoh sebagai permulaan. Berikan penjelasan tentang anatomi kaki yang digunakan untuk menendang bola kaki.

Anak harus terbiasa dengan bola kaki. ( wallhere.com )

3.Menggiring Bola

Menggiring bola menjadi dasar yang juga harus diajarkan. Untuk melatih anak menggiring bola, Anda perlu sebuah tempat yang luas dan aman. Anda bisa memanfaatkan lapangan kota atau ruang terbuka hijau yang ada di sekitar Anda. Mintalah anak untuk menggiring bola, dari 1 tempat ke tempat lain. Biarkan mereka menggiring bola dengan cara mereka sendiri.  Kemampuan mereka akan bertambah seiring dengan intensitas latihan, usia, dan fisik mereka.

4.Mengumpan Bola

Salah satu fungsi latihan adalah untuk mengontrol gerakan anak. Dalam sepak bola, anak juga harus diajarkan mengumpan bola ke arah tertentu. Anda dapat menjadi partner bermain sepak bola bagi anak Anda. Mintalah mereka untuk mengumpan bola ke arah Anda.

5Menendang Bola

Kemampuan menendang bola menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh seorang pemain sepak bola. Agar anak mampu menendang bola secara terarah dan terukur, latihlah mereka untuk menedang bola ke target tertentu. Anda bisa menyediakan sebuah gawang kecil sederhana. Lakukan secara berulang-ulang.

6.Menyundul Bola

Selain menggunakan kakinya, pemain sepak bola juga harus bisa memanfaatkan bola-bola lambung dengan sundulan. Dalam berlatih menyundul, Anda harus melakukannya secara hati-hati. Jangan sampai membuat kepala si anak terasa tidak nyaman atau sakit.

Anda dapat memberikan beberapa latihan sederhana sepak bola di atas secara rutin. Selamat berlatih.

You may also like

Leave a Comment