Home ยป Investasi Jangka Pendek yang Aman yang Dapat Anda Pilih

Investasi Jangka Pendek yang Aman yang Dapat Anda Pilih

by Kambali Mansur
0 comment

Investasi jangka pendek yang aman bukan sesuatu yang tidak mungkin. Ketahui beberapa jenis investasi tersebut.

Ada dua jenis investasi jika merujuk pada waktu, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Bagi Anda yang ingin mencoba dunia investasi, cobalah untuk memulainya dari Investasi jangka pendek yang aman.

Investasi jangka pendek akan memberikan keuntungan yang bisa dicairkan dalam waktu yang relatif pendek. Investasi jangka pendek sendiri memiliki berbagai jenis. Tidak semua investasi jangka pendek aman untuk dilakukan. Anda harus memilih investasi jangka pendek yang benar-benar aman dan menguntungkan.

Beberapa jenis Investasi jangka pendek yang aman ini bisa jadi alternatif.

Investasi jangka pendek ((moneysmart.id)

1.Peer to Peer (P2P) Lending

P2P Lending bisa menjadi jenis investasi jangka pendek yang relatif aman bagi Anda. Meskipun sistem P2P ini masih tergolong baru, namun tidak ada salahnya mencoba.

P2P Lending bisa dikatakan sebagai sebuah sistem atau platform. Dalam sistem tersebut Anda akan menemukan pemberi pinjaman (kreditur) dengan peminjam (debitur). Melalui platform P2P, para Kreditur dan debitur akan melakukan kegiatan pinjam-meminjam. Semua kegiatan tersebut dilakukan secara online.

Proses pinjam-meminjam yang dilakukan pada sistem P2P disebut peer to peer karena para kreditur dan debitur sama-sama awam. Dalam artian tidak berasal dari lembaga keuangan yang resmi seperti perbankan, dan sebagainya. Melalui sistem ini, Anda bisa mulai berinvestasi dari Rp100.000.

2. Reksa Dana Pasar Uang (RDPU)

Reksa Dana Pasar Uang juga disebut dengan money market funds. Reksa Dana Pasar Uang banyak disukai oleh para investor baru karena terbilang mudah. Para investor yang ingin berinvestasi melalui RDPU tidak direpotkan dengan berbagai instrumen investasi.

Imbal hasil dan risiko pada Reksa Dana Pasar Uang memang tidak sebesar reksa dana jenis lainnya. Namun likuiditas dan pemeliharaan modal bisa tetap aman dan terjaga. Hal tersebut yang menjadi salah satu pertimbangan, mengapa RDPU cocok sebagai investasi jangka pendek yang aman.


3. Deposito

Jika Anda memiliki tabungan deposito di bank, berarti Anda secara tidak langsung juga melakukan investasi jangka pendek. Menabung dengan sistem Deposito tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan menabung pada umumnya.

Jika tabungan konvesional biasa dapat melakukan transaksi setiap saat, berbeda dengan deposito. Tabungan deposito memiliki layanan yang lebih terbatas. Anda tidak dapat melakukan transaksi setiap waktu.

Tabungan deposito kadang juga disebut sebagai tabungan berjangka, sehingga memiliki jangka waktu penyimpanan. Periode penyimpanannya sendiri bervariasi. Tergantung pada penyedia layanannya.

Suku bunga deposito yang diperoleh nasabah juga menguntungkan. Tingginya suku bunga menjadi salah satu faktor mengapa deposito dapat disebut sebagai investasi jangka pendek yang aman.

You may also like

Leave a Comment