Home ยป Ketahui Pemindahan Ibu Kota di Dunia

Ketahui Pemindahan Ibu Kota di Dunia

by Kambali Mansur
0 comment

Tidak hanya Indonesia, pemindahan ibu kota di dunia juga terjadi. Termasuk negara besar.

Presiden Jokowi telah mewacananakan pemindahan ibu kota RI. Meskipun belum menemukan wilayah yang cocok, namun Kalimantan jadi kandidat terkuat.  Tidak hanya di Indonesia, pemindahan ibu kota di dunia juga dilakukan, bahkan beberapa dilakukan oleh negara maju.

Berbagai hal mendasari pemindahan ibu kota di negara-negara maju, termasuk Indonesia. Bappenas sendiri mengatakan bahwa pemindahan ibu kota bertujuan untuk meningkatkan efisiensi birokrasi di Indonesia. Selain itu, pemerataan pembangunan juga diklaim menjadi dasar pertimbangan.

Berikut ini adalah pemindahan ibu kota di dunia.

Pemindahan ibu kota (balaikita.com)

1.Jepang

Perpindahan ibu kota juga terjadi di Negara Samurai ini. Sebelumnya, Jepang beribu kota di Kyoto. Lalu kemudian keluarga kekaisaran berpindah ke Edo (Tokyo) pada pertengahan abad ke-19. Perpindahan tersebut juga didukung oleh Kaum oligarki. Selain itu perdagangan dan koneksi ke dunia Barat menjadi bentuk pertimbangan lain.

Saat itu, Jepang bahkan disebut memiliki dua ibu kota, yaitu Kyoto di Barat dan Edo di Timur. Menurut Japan Info, Kyoto dianggap terlalu terlalu mengisolasikan diri dari pengaruh eksternal. Dampak isolasi diri tersebut berimbas pada pertumbuhan Kyoto sendiri.

Sementara saat itu Edo justru menjadi kota yang semakin modern. Modernisasi di Edo membuatnya mampu menggeser Kyoto sebagai ibu kota.

2. Malaysia

Mungkin Anda masih mengenal Kuala Lumpur sebagai ibu kota Malaysia. Padahal pemerintah Malaysia telah memindahkan pusat pemerintahan ke Putrajaya pada tahun 1999. Banyak yang menganggap perpindahan ibu kota Malaysia disebabkan karena masalah kemacetan dan kepadatan penduduk. Persis seperti Jakarta.

Putrajaya sendiri letaknya tidak jauh dari Kuala Lumpur. Berada di sebelah Selatan Kuala Lumpur, kota Putrajaya menjadi kota baru dan mandiri. Kantor Perdana Menteri memang dipindahkan ke Putrajaya. Namun Gedung Parlemen dan pusat ekonomi Mayalysia berada di Kuala Lumpur.

3. Brasil

Juscelino Kubitschek menjadi Presiden Brasil pada tahun pada tahun 1960. Juscelino saat itu juga membuat keputusan besar, yaitu dengan memindahkan ibu kota Brasil. Semula berada di Rio de Janeiro berpindah ke Brasilia.

Alasan utama yang mendasari pemindahan ibu kota tersebut adalah pengembangan wilayah pedesaan. Pemerintah ingin mengembangkan wilayah desa yang terbelakang. Pertanian juga ingin dikembangkan melalui pemindahan ibu kota tersebut.


The Telegraph juga sempat melaporkan keberhasilan Brasil. Atas laporannya terhadap keberhasilan Brasil yang kemudian menjadikan Brasil sebagai inspirasi bagi banyak negara di dunia.

4. Kazakhstan

Mungkin Anda belum terlalu familiar dengan negara Kazakhstan. Negara ini memang menjadi negara yang paling muda di dunia. Berdiri setelah Uni Soviet runtuh, sekitar awal 1990-an.Kazakhstan awalnya beribu kota di Almaty sebelum akhirnya berpindah ke kota Kota Astana. Perpindahan tersebut terjadi pada tahun 1997. Kazakhstan menjadi salah satu negara yang memperpanjang deretan pemindahan ibu kota di dunia.

You may also like

Leave a Comment