Home » Anak Perusahaan Semen Indonesia yang Menguasai Pasar Semen Nusantara

Anak Perusahaan Semen Indonesia yang Menguasai Pasar Semen Nusantara

by Kambali Mansur
0 comment

PT Semen Indonesia adalah perusahaan semen terbesar se Indonesia dan Asia Tenggara.

Didirikan pada tahun 1957 di Gresik, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah perusahaan semen yang memonopoli semen di Indonesia dengan anak perusahaan Semen Indonesia yang juga bergerak pada industri semen. Pada awalnya PT Semen Indonesia dikenal dengan nama NV Semen Gresik, hingga tahun 1991 adalah satu-satunya perusahaan BUMN pertama yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berawal dari Gresik, hingga anak-anak perusahaan Semen Indonesia tersebar di seluruh Indonesia dan menguasai pasar semen.

Perkembangan Awal dan Anak Perusahaan Semen Indonesia

Kemudian pada tahun 1995, PT Semen Gresik melakukan konsolidasi dengan PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa, kemudian dikenal publik dengan nama Semen Gresik Group. Barulah pada 7 Januari 2013, PT Semen Gresik (Persero) Tbk berubah menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, dengan beberapa anak perusahaan di antaranya PT Semen Gresik, PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, dan Thang Long Cement Company.

1.PT Semen Padang

Didirikan pada tanggal 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij(NV NIPCM), PT Semen Padang adalah pabrik pabrik semen tertuan dan pertama di Indonesia. Setelah kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 5 Juli 1958, perusahaan kemudian dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia.

Pada era awal dinasionalisasi, PT Semen Padang mengalami penambahan produksi hingga 330.000 ton/ tahun. Hingga akhirnya tahun 1995 pemerintah mengalihkan kepemilikan saham di PT Semen Padang ke Semen Gresik Group. Lalu pada tanggal 20 Desember 2012, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan, PT Semen Padang mulai bergabung dibawah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dengan saham mayoritas yang dimiliki oleh Pemerintah sebesar 51,01%.


2. PT Semen Gresik

PT Semen Gresik resmi mulai bergabung dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pada tanggal 10 Januari 2014. Penggabungan tersebut merupakan bagian dari Strategic Holding Group yang memisahkan fungsi Holding Company dan Operating Company.

Di bawah PT Semen Indonesia, PT Semen Gresik yang berfungsi sebagai Operating Company (OpCo) yang berfokus pada produksi dan distribusi semen. Prinsip dari PT Semen Gresik adalah efektivitas dan efisiensi, sehingga produk PT Semen Gresik hadir dengan produuk kualitas terbaik dan berdaya saing tinggi, dengan tujuan menguasai pangsa pasar semen Indonesia.

Semen Gresik (idntimes.com)

3. PT Semen Tonasa

Sebagai salah satu produsen semen terbesar di Indonesia Bagian Timur, PT Semen Tonasa berdiri pada lahan seluas 715 hektar di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep. Perusahaan yang berjarak sekitar 68 kilometer dari kota Makassar tersebut memiliki kapasitas semen terpasang 5.980.000 ton semen per tahunnya. Hingga pada tanggal 15 September 1995, tergabung dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Dengan memiliki anak perusahaan Semen Indonesia yang juga bergerak dalam industri semen, maka tidak ayal jika PT Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah perusahaan BUMN semen terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. PT Semen Indonesia mampu menghasilkan semen dengan kapasitas 53.0 juta ton semen per tahunnya.

You may also like

Leave a Comment