Home Ekonomi Potensi Bisnis di Jogja yang Menggiurkan

Potensi Bisnis di Jogja yang Menggiurkan

by Kambali Mansur
0 comment

Tinggal di Jogja, kira-kira apa potensi bisnis di Jogja?

Imej Jogja yang lekat dengan kota pelajar, ternyata mendatangkan cuan bagi para pelaku usaha yang betah berbisnis di Jogja. Para pendatang di Jogja yang notabenenya adalah mahasiswa, tentu merupakan peluang tersendiri. Apa saja potensi bisnis di Jogja?

Selain sebagai kota pelajar, Jogja juga lekat dengan wisata dan nilai budaya yang dikandungnya. Maka berdasarkan potensi tersebut, berikut ini beberapa peluang usaha yang dapat anda coba di Jogja.

Beberapa Potensi Bisnis di Jogja

1.Kuliner

Tidak diragukan lagi, banyaknya penduduk di Jogja dan ditambah dengan pendatang, membuat usaha kuliner tidak ada matinya di Jogja. Terlebih jika anda memiliki skill memasak yang mumpuni.

Bagi anda yang tidak bisa memasak jangan khawatir, terdapat beberapa bisnis kuliner di Jogja yang menguntungkan tanpa anda memasak. Anda dapat membeli waralaba. Tentu untuk awalan belilah waralaba yang sederhana dan kaki lima saja.

2. Penginapan

Banyaknya wisatawan yang datang ke Jogja setiap harinya tentu membuat usaha penginapan akan jalan terus. Terlebih apabilan Anda warga Jogja yang memiliki rumah atau lahan kosong di Jogja. Anda dapat memanfaatkan kamar-kamar kosong di rumah anda untuk penginapan.

3. Souvenir dan Pernak-Pernik

Kental sebagai kota budaya, maka tidak heran jika para turis yang datang akan mencari pernak-pernik atau souvenir yang akan mereka jadikan oleh-oleh atau cinderamata. Maka tidak heran kan penjual souvenir di Jalan Malioboro laku terus?

Apabila Anda memiliki keahlian dan kreatifitas, maka jangan sia-siakan. Beberapa modal yang dibutuhkan tidak hanya material namun juga ketekunan dan kerja keras, agar produk anda dapat dilirik.

Souvenir khas Jogja (weziee.com)

4. Indekos

Karena Jogja yang notabenenya adalah kota pelajar, maka sewa kamar akan terus dicari. Selain itu peminat rumah kos juga tidak hanya para mahasiswa, namun juga para karyawan yang bekerja di Jogja.

Sesuaikan konsep kos yang akan anda buat dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Tidak mungkin juga kan apabila kos anda berada di lingkungan warga yang agamis, namun anda membuka kos bebas?


5. Tour and Travel

Terakhir adalah guna memfasilitasi para turis yang datang, anda dapat membuat usaha tur dan travel wisata. Namun salah satu kelemahan usaha ini adalah banyaknya pesaing, sehingga anda harus membuat penawaran terbaik.

Selain itu juga membutuhkan modal yang banyak. Jika anda tidak memiliki modal, jangan khawatir! Anda dapat mendirikan usaha rentalan motor atau mobil.

Tidak punya mobil atau motor? Kumpulkan saja motor atau mobil dari teman-teman anda dan lakukan menajemen bagi hasil yang baik. Dari kelima potensi bisnis di Jogja tersebut, mana yang paling cocok dengan anda?

You may also like

Leave a Comment