Home » Berikut Deretan Motor Klasik nan Jadul Bermesin 100cc ke Bawah

Berikut Deretan Motor Klasik nan Jadul Bermesin 100cc ke Bawah

by admin
0 comment

Inilah daftar motor keren bermesin 100cc ke bawah, motor apa aja? Yuk simak untuk mengetahui lebih lengkapnya.

Berbicara mengenai motor klasik atau jadul, pastilah memori kita kembali lagi ke jaman dahulu kala. Dimana motor klasik atau jadul ini jaman dulu masih menggunakan teknologi yang bisa dibilang konvensional, sebab masih sangat sederhana. Jauh jika dibandingkan dengan jaman sekarang yang sudah menggunakan berbagai macam teknologi seperti injeksi, ABS system dll, motor-motor jadul tersebut masih belum mengenal semua teknologi tersebut. Jika ada, pasti hanya segelintir motor saja yang sudah menggunakan teknologi tersebut.

Untuk saat ini misalnya, sejumlah pabrikan otomotif dunia yang menjajakan sepeda motor di Indonesia sedang berlomba-lomba menawarkan produk dengan kapasitas mesin lebih besar. Hal ini dilakukan dengan dalih banyaknya permintaan konsumen yang menginginkan sepeda motor berpeforma dahsyat.

Namun pada kenyataannya, sebelum pada tahun 2000, sejumlah sepeda motor di Indonesia banyak yang dibenamkan dengan kubikasi minim, yakni tak lebih dari 100cc. Kendati mesin kecil, motor-motor tersebut tergolong paling kece dan popular pada masanya lho!

Berikut motor-motor klasik yang sempat ngehits dengan mesin-mesin kecil 100cc –nya:

1.Honda c70

Motor bebek berkapasitas 70cc ini sempat menjadi trendsetter pada masanya lho! Motor ini pertama kali di produksi pada tahun 1980-1986. Selain sangat keren, konon katanya Honda C70 ini disebut-sebut sebagai salah satu kiblat motor klasik di Indonesia.


2. Yamaha Alfa

Selain itu, Yamaha juga memiliki salah satu motor yang cukup popular pada masanya. Dia adalah Yamaha Alfa dengan mesin 100cc, motor ini dibuat antara tahun 1988-1992.

Yamaha Alfa disebut menjadi pendongkrak bebek 2 Tak bagi perusahaan tersebut. Maka tak heran kehebatan motor ini cukup diacungi jempol, karena paling banyak digunakan di berbagai pelosok Indonesia.

3. Honda Monkey

Motor satu ini mungkin menjadi salah satu motor yang masih bertahan. Dengan mesin 49cc berpendingin udara, motor ini mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual empat langkah. Beberapa waktu lalu, Honda Monkey hadir dengan edisi special yakni “Monkey 50 Anniversary”. Edisi ini menandakan kelahiran Honda Monkey. Di Indonesia, Honda Monkey dijual melalui Importir Umum, jadi harganya bisa mencapai puluhan juta.

Honda Astrea (otomotif.kompas.com)

4. Honda Astrea

Motor ini memiliki nenek moyang dari Honda Astrea 800 yang lahir pada 1985. Kemudian ada juga Astrea Star yang dibuat pada 1986. Setelah beberapa tahu, tepatnya pada tahun 1995 lahirlah generasi Astrea Impresa, kemudian disusul Astrea Grand pada tahun 1997 dengan kapasitas 100cc (4-Tak). Masuk era 2000-an, tepatnya pada tahun 2002 nama Astrea diganti menjadi Legenda.

5. Yamaha Sigma

Motor ini pada dasarnya merupakan keluarga dari Yamaha Vega Series dan reinkarnasi dari Yamaha Alfa IIR. Motor yang lahir pada tahun 1997 ini telah dibenamkan mesin 100cc 2-Tak. Namun saying, motor ini kalah pamor dengan Yamaha F1Z dan Force1.

6. Yamaha Crypton

Motor bebek satu ini juga tak kalah tenar, diproduksi pada tahun 1997-1999, Crypton dibuat dengan kapasitas mesin 100cc 4-Tak. Yamaha Crypton merupakan penyegaran dari Yamaha Alfa dan Force1 yang saat itu masih menggunakan teknologi mesin 2-Tak. Motor ini juga menjadi cikal bakal dari lahirnya generasi Yamaha Vega lho.

7. Yamaha V80

Motor ini bisa disebut kakek buyut dari Yamaha dikelas bebek, bersama Yamaha V50 dan Yamaha V70, Yamaha V80 ini dibuat pada tahun 1982-1986. Yamaha V80 memiliki dimensi disematkan mesin 2-Tak, silinder tunggal dan berkapasitas 79cc yang dikawinkan melalui system transmisi manual tiga percepatan.

8. Suzuki RC 100 Sprinter

Motor satu ini merupakan varian dari RC Series. RC Series tipe pertama yang dibuat yakni Suzuki RC80 pada tahun 1982-1986. Motor Suzuki RC 100 Sprinter ini adalah generasi kedua Suzuki RC yang lahir pada tahun 1988. Motor bermesin 2-Tak berkapasitas 100cc ini merupakan bebek bertipe ayam jago pertama yang ada di Indonesia.

9. Honda Win

Dan yang terakhir yakni Honda Win. Mungkin banyak dari kalian yang menyebut bahwa motor satu ini adalah Motor Lurah. Ya, begitulah memang adanya, motor ini dibuat pada 1984-2005. Meski termasuk jenis sport, karena menggunakan tangki depan, namun kapasitas dari mesin Honda Win ini hanya 100cc dengan teknologi 4-Tak lho! Maka tak heran kalo motor satu ini irit bukan main. Motor ini juga cukup popular di jamannya, karena ketangguhan yang bisa dilaju oleh motor ini.

Itulah satu dari sekian banyak motor klasik nan jadul yang bermesin 100cc ke bawah. Bagaimana? Keren-keren bukan? Kalo kalian pecinta motor klasik, coba deh koleksi salah satu jenis motor diatas dan rasakan sensasi mengendarai motor dengan mesin 100cc ke bawah. Pastinya bakal keren dan kece abis deh!

You may also like

Leave a Comment