Home » Kapan Harus Mengganti Kampas Kopling Motor?

Kapan Harus Mengganti Kampas Kopling Motor?

by admin
0 comment

Kampas kopling adalah komponen sepeda motor yang memiliki umur tidak panjang. Lalu kapan harus menggantinya?

Kopling adalah bagian yang vital bagi kendaraan bermotor, terutama yang memiliki perpindahan gigi manual. Banyak pengendara masih belum memahami kapan harus mengganti kampas kopling. Kampas kopling yang aus biasanya berdampak pada kurangnya tenaga dari kendaraan bermotor, dan perpindahan gigi kendaraan yang tidak halus, bahkan sering selip. Lalu kapan harus mengganti kampas kopling?

Banyak yang masih belum tahu kapan atau pada kilometer berapa kampas kopling motor harus diganti. Hal tersebut dikarenakan kampas kopling motor memang bukan termasuk komponen fast moving yang punya umur panjang. Apalagi kampas yang aus secara fisik tidak dapat terlihat, kecuali ketika membongkar blok kopling dan baru tahu jika kampas kopling motor habis.

Bagaimana Ciri Kampas Kopling Motor Aus?

Dikarenakan, tidak banyak orang yang tahu berapa umur pemakaian kampas kopling pada kendaraan bermotor. Maka cara terbaik adalah merasakan atau memberikan target kilomoter penggantian kampas. Jangan sampai menunggu kopling anda selip. Ciri ciri kopling selip, salah satunnya adalah apabila anda merasa tarikan motor anda ‘kempos’ atau putaran mesin tidak responsif atau tidak dapat mencapai angga tinggi, maka kampas kopling motor anda tandanya minta diganti.

Plat Kopling (pionize.com)

Jika hal tersebut merepotkan, anda bisa menjadwal penggantian kampas kopling motor anda. Usia kampas kopling motor variatif dapat berusia pendek atau dapat menempuh kilometer yang cukup tinggi sebelum melakukan penggantian. Hal tersebut tergantung pemakaian dan gaya berkendara. Jika anda sering menekan kopling dan berakselerasi, maka kampas kopling akan cepat habis. Atau jika anda berada pada lingkungan pegunungan dengan banyak tanjakan curam, maka kampas kopling motor anda juga akan cepat habis.


Namun, rata-rata kampas kopling memiliki usia 30.000 km, setelah menyentuh angka tersebut maka kampas kopling biasanya minta untuk ganti. Selain itu usia kampas kopling juga tergantung perawatan, jika anda rajin mengganti oli atau merawat motor, maka umur pakai kampas kopling bisa sampai 36.000 km. Meskipun demikian kilometer bukanlah menjadi patokan wajib. Sepeda motor yang biasa dipakai sehari-hari dan digunakan untuk melintasi kepacetan kota juga memiliki usia kampas kopling yang tidak lama.Segera cek kampas kopling motor anda, dan sebaiknya melakukan penggantian dengan komponen yang menjadi rekomendasi. Pasang kampas kopling di bengkel motor terpercaya langganan anda. Selain itu jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan mekaniknya.

You may also like

Leave a Comment