Home Otomotif Suzuki RE5, Motor Tanpa Piston di Dunia

Suzuki RE5, Motor Tanpa Piston di Dunia

by admin
0 comment

Piston adalah bagian penting dari kerja mesin kendaraan. Namun Suzuki pernah mengenalkan motor tanpa piston.

Komponen piston tentunya merupakan hal vital bagi mesin kendaraan bermotor, baik sepeda motor atau mobil. Bagaimanapun, cara kerja mesin motor akan sangat dipengaruhi oleh adanya piston. Piston berfungsi memadatkan bensin dan udara, yang kemudian diledakkan oleh api dari busi, yang kemudian berubah menjadi tenaga yang dapat menggerakkan roda kendaraan.

Namun, hal yang unik pernah terjadi. Suzuku pernah memproduksi motor tanpa piston di dunia. Memang bisa?  Motor tersebut adalah Suzuki RE5 yang diproduksi pada tahun 1973-74. Motor tersebut tidak memiliki piston dikarenakan merupakan mesin berjenis rotari atau wankel.

Mesin Motor Tanpa Piston, Bagaimana Suzuki RE5 Bekerja?

Mesin Suzuki RE5 yang Dipajang di Louwman Museum (wikimedia.org)

Sebenarnya mesin tanpa piston, sudah familiar pada mesin mobil. Sebagai contoh mobil tanpa piston adalah pada mobil Mazda RX series seperti Mazda RX7 dan RX8. Sistem kerja mesin rotari ini berbeda dengan mesin biasa (dengan piston yang maju mundur) tapi mesin wankel menggunakan rotor yang berputar pada poros engkol.

Rotor mesin rotari memiliki 3 sisi permukaan rongga, sehingga ruang bakar pada mesin rotary berputar searah dengan putaran rotor mesin. Mengapa Suzuki menggunakan mesin wankel? Alasannya  adalah mesin wankel pada Suzuki RE5 menghasilkan tenaga yang lebih mulus di putaran awal, torsi lebih halus, minim getar, dan mempunyai komponen mesin lebih sedikit.
Performanya? Suzuki RE5 dapat menghasilkan tenaka 62 dk dengan torsi maksimal 74,4 Nm, pada putaran 3000 rpm. Bukanlah tenaga yang jelek, bahkan bagus di masanya. Namun dibalik semua kelebihannya tersebut, terdapat beberapa kekurangan. Pertama, penggunaan mesin wankel pada motor membuat dimensi motor besar dan berat. Berat kosong Suzuki RE5 saja 230 kg!




Kemudian penggunaan mesin wankel membuat suhu yang tinggi pada leher knalpotnya, yang menghasilkan suhu hingga 927 derajat Celcius. Oleh sebab itu mengapa leher knalpot Suzuki RE5 memiliki pendingin, seperti yang digunakan pada mesin jet.

Terakhir mesin wankel memiliki sistem oli yang total loss (seperti pada motor mesin 2 tak) sehingga pengguna harus sering menggganti oli. Berdasarkan kekurangan tersebut, maka Suzuku RE5 tidak laku dipasaran. Meskipun memiliki teknologi yang jauh ke depan, Suzuki RE5 dinilai motor mahal  yang tidak punya performa lebih baik dibandingkan motor empat tak biasa.

You may also like

Leave a Comment