Home ยป Deretan Motor Bebek yang Berhasil Naik Kasta Setelah Upgrade Mesin

Deretan Motor Bebek yang Berhasil Naik Kasta Setelah Upgrade Mesin

by admin
0 comment

Inilah deretan motor bebek yang berhasil naik kasta setelah upgrade mesin, motor kesayanganmu nomer berapa?

Guna mendongkrak performa dan penjualan, pabrikan motor bebek tak jarang melakukan revisi pada motor mereka. Kenapa demikian? Hal ini mereka lakukan guna menarik minat konsumen. Revisi motor yang mereka lakukan tak hanya pada sector desain saja, melainkan juga upgrade mesin lho. Jadi kalo desain menarik dan didukung dengan mesin yang bandel, dijamin laku keras dah.

Seperti yang terjadi belakangan ini di pasar otomotif Indonesia misalnya, banyak motor bebek yang menerima peningkatan kapasitas pada mesin.

Berikut ini deretan motor bebek yang berhasil naik kasta setelah upgrade mesin:

1.Suzuki Satria

Gnerasi perdana pada motor ini sering kali disebut sebagai Satria Lumba-lumba yang meluncur pada pertengahan tahun 1990-an. Satria membawa mesin 2-stroke ini berkapasitas 120cc, yang sangat efisien untuk mencapaik kecepatan tinggi.

Sempat hadir dalam tiga generasi, motor ini resmi discontinue pada tahun 2005 karena terbentur regulasi. Kendati demikian, Suzuki tak tinggal diam. Mereka lantas menghadirkan Satria F150 dengan perubahan tampilan ayago dan membawa mesin 4-tak.

Untuk saat ini, Satria F150 menjadi salah satu motor bebek yang beken. Kuda besi ini didukung mesin 4-stroke, DOHC, single cylinder, dan berkapasitas 147,3 cc.


2.Yamaha Jupiter MX

Generasi awal kuda besi ini sudah membawa mesin berkapasitas 135cc. Pada saat itu, motor ini tampil dengan desain sporty, mesin yang oke, serta memiliki berbagai fitur canggih pada era-nya.

Setelah generasi kedua masih berkapasitas 135cc, versi ketiga motor ini menerima upgrade mesin menjadi 150cc. Hadir pada tahun 2015, motor ini menjadi salah satu motor bebek super kepunyaan Yamaha yang masih bertahan hingga sekarang selain MMX King 150.

3. Yamaha Jupiter

Muncul pada tahun 2000 dan masih berkapasitas 105cc. Pada tahun 2003 Yamaha Jupiter ini memberi embel-embel Z di belakang nama Jupiter. Pada generasi kedua ini, motor Jupiter Z memiliki kapasitas sedikit lebih besar yakni 110cc.

Upgrade kembali dilakukan pada varian Jupiter Z. Model Jupiter Z dibekali dengan mesin 115cc.

4.Suzuki Shogun

Memulai debut di Indonesia pada tahun 1996, motor shogun ini merupakan penerus dari Suzuki Tornado. Jika Tornado masih membawa mesin 2-stroke, maka Shogun sudah didukung dengan mesin tipe 4-tak.

Setelah sempat mengalami revisi bodi lewat kehadiran New Shogun 110R, pabrikan lantas merombak total kuda besi ini. Dirilis pada tahun 2004, Shogun 125R menerima mesin berkapasitas 125cc.

5. Kawasaki Kaze

Dirilis perdana pada tahun 1995, Kawasaki Kaze saat itu berhasil membawa teknologi paling maju di kelasnya dengan mesin 111,6 cc. Model Kaze R 125 resmi dirilis dengan penambahan kapasitas mesin menjadi 125cc.

Tak hanya itu, pada tahun 2005, terobosan kembali dilakukan Kawasaki dengan tipe Kaze ZX130, dimana motor ini dibekali mesin 130,1 cc, terbesar di kelas motor bebek kala itu.

Supra tahun 1990an (motorganteng.com)

6. Honda Supra

Sepertinya motor ini merupakan salah satu motor bebek yang sangat popular. Diluncurkan pertama kali pada tahun 1990-an, Supra buatan Honda ini masih tetap eksis hingga saat ini, dengan beberapa kali mengalami transformasi.

Pada generasi awalnya, Supra hadir dengan hanya memiliki mesin berkapasitas 100cc hingga varian Supra X. Memasuki pertengahan tahun 2000-an, motor ini menerima upgrade mesin menjadi 125cc.

Tak berhenti disitu saja, pada tahun 2016, PT AHM kembali berhasil meningkatkan kapasitas mesinnya menjadi 150cc, motor ini bernama Supra GTR 150.

7.Honda Blade

Pertama dirilis pada Desember 2008, Honda Blade menghadirkan konsep yang cukup unik. Bagaimana tidak? Pasalnya lampu depan pada motor ini menyatu dengan dek, mirip kepunyaan skuter matic pada umumnya.

Di bagian jantung pacu, Blade membawa mesin 4-tak, berkapasitas 110cc, silinder tunggal. Spesifikasi ini bertahan hingga generasi yang diluncurkan pada semester kedua tahun 2011.

Tiga tahun berselang, Blade mengalami rombakan besar-besaran, terutama di sektor jantung pacu. Model ini sekarang menerima mesin berkapasitas 125cc, mirip yang dibawa Supra X 125. 

Itulah deretan motor bebek yang berhasil naik kasta setelah upgrade mesin. Meski demikian, tak jarang juga ada dari mereka yang sudah masuk kandang (tidak beredar lagi).

You may also like

Leave a Comment