Home Otomotif Honda Serius Sambut Era Kendaraan Listrik: Motor Trail Listrik Akan Segera Dipasarkan?

Honda Serius Sambut Era Kendaraan Listrik: Motor Trail Listrik Akan Segera Dipasarkan?

by admin
0 comment

Begini Nih Penampakan Motor Trail Listrik Honda yang Akan Dipamerkan pada Ajang Tokyo Motorcycle Show

Tahukah kamu, bahwa Honda saat ini merupakan pimpinan pasar di Industri otomotif roda dua dunia lho. Menjadi pemimpin industry otomotif roda dua membuat Honda saat ini tengah serius menyambut era kendaraan listrik. Setelah sukses mengkomersialisasi PCX bertenaga baterai, kini mereka memulai proyek baru yakni motor trail listrik Honda CR Electric.

Mengutip dari Motorcycle.com dan Ride Apart via Kumparan.com, purwarupa motor listrik CR resmi dipamerkan pada ajang Tokyo Motorcycle Show di Jepang, 22-24 Maret 2019. Sayangnya tak banyak informasi yang tersedia soal proyek baru merek sayap kepak ini.

Seperti apa tampilan Motor Trail Listrik Honda yang dipamerkan di ajang Tokyo Motorcycle Show?

Kesan pertama yang langsung tergambar saat melihat, dari tampilannya motor listrik trail ini sama seperti Honda CRF250 dirt bike. Frame aluminium twin-spar identik dengan yang digunakan pada CRF250 dan CRF450.

Namun saat kalian menengaok agak ke bawah, maka kompartemen mesin tampak sepi dan absennya pipa saluran pembuangan atau knalpot. Lantaran menggunakan sasis dan frame sama, Honda menempatkan motor listrik dan baterai pada lokasi yang sama dengan mesin bensin. Pada kaki-kaki, ditunjang dengan suspense Showa dan ban pacul lansiran Dunlop.

Bagian yang menonjol lagi yakni cover mesin berpelat merah, dengan logo Honda dan mitra abadinya Mugen, sebuah perusahaan yang berperan merancang motor balap Shinden yang ikut dalam turnamen balapan listrik Isle of Man. Bersama dengan Mugen, nampaknya Honda ingin memnfaatkan pengalaman mereka yang sudah cukp lama mengotak-atik powertrains listrik. Bukan tidak mungkin arahnya bakal diproduksi massal.

Meski demikian, soal spesifikasi batreinya masih belum ada informasi detail dari pabrikan. Apakah menggunakan model yang sama di PCX atau tidak, Honda Mobile Power Pack masih belum diketahui.

Penampakan motor trail listrik Honda (otomotif.tempo.co)

Perlu diketahui bahwa saat ini Honda sudah meneken kontrak kerjasama dengan produsen baterai Panasonic. Pada tahun 2018 lalu mereka sudah melakukan riset penggunaan baterai yang dapat ditukar (swap battery) di Indonesia, dengan memanfaatkan teknologi Honda Mobile Power Pack, yang baru mereka perkenalkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2018.

Menyokong berjalannya riset ini, kemudian dibentuk perusahaan patungan dengan nama PT HPP Energy Indonesia yang berpusat di Jakarta oleh Honda, Panasonic, dan Pacific Consultant. Selain mengikat kerja sama dengan Panasonic, proyek riset ini juga akan mendapat subsidi dari organisasi riset asal Jepang, New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO).

Meski demikian sejauh ini belum ada informasi akan kapan motor trail listrik Honda ini akan dijual ke pasar. Saat ditanyakan hal ini, Pihak PT Astra Honda Motor (AHM) ini tidak meresponnya. Meskipun belum tahu kapan persisnya akan dijual di pasaran, jika melihat beberapa langkah yang telah diambil Honda ini, sepertinya motor trail listrik rakitan Honda ini akan benar-benar segera dijual dipasar. Kita tunggu saja yak tanggal mainnya.

You may also like

Leave a Comment