Home ยป Jenis Kebiasaan Buruk Pengendara Sepeda Motor yang Harus Dihilangkan

Jenis Kebiasaan Buruk Pengendara Sepeda Motor yang Harus Dihilangkan

by admin
0 comment

Hilangkan kebiasaan buruk ini saat berkendara yak, supaya tetap aman dan nyaman.

Seperti yang diketahui bahwa sepeda montor menjadi tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi hingga saat ini. Itu tandanya masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap keselamatan di jalan raya. Bahkan beberapa kasus kecelakaan justru diakibatkan oleh ulah pengendaranya sendiri, yang cenderung mengabaikan situasi dan kondisi. Nah oleh karena itu, sudah semestinya kita haus selalu extra waspada saat berkendara terutama sepeda motor.

Berikut kebiasaan buruk yang harus dihilangkan oleh pengendara sepeda motor:

1.Memainkan ponsel saat mengendarai motor

Memiliki kebiasaan memainkan ponsel saat mengendarai sepeda motor dapat berakibat fatal lho. Pasalnya konsentrasi akan terbelah, kalau sudah begitu, bukan tidak mungkin resiko kecelakaan semakin besar.

Oleh karena itu, jangan pernah sesekali memainkan ponsel saat berkendara. Jika terpaksa harus menerima/menelepon, sebaiknya menepi terlebih dahulu.

Pastikan helm selalu dalam keadaan terkunci (nandaabiz.com)

2.Memakai helm tapi tidak menguncinya

Bagi pengendara sepeda motor, memakai helm itu amatlah penting, tapi jangan lupa untuk menguncinya yak. Ini penting supaya helm tidak lepas dari kepalammu jika terjadi kecelakaan.

Memang tidak seorang pun yang ingin mengalami kecelakaan. Namun tidak ada salahnya untuk mengunci helm agar terhindar dari akibat fatal kecelakaan.

3.Melepas spion sepeda motor

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor yakni menekuk bahkan melepas spion. Alasannya yakni supaya saat menyalip spion tidak menyangkut kendaraan lain. Padahal hal ini justru berbahaya, sebab tanpa spion, seseorang pengendara tidak akan bisa melihat situasi di belakangnya. Kalau sudah begitu, resiko kecelakaan akan lebih besar. Bahaya!

4.Naik motor memakai sandal jepit

Meski memakai sandal jepit itu praktis, namun jangan pernah naik motor hanya dengan menggunakan sandal jepit yak. Sebab hal ini sangat berbahaya.

Jika terjadi kecelakaan, maka kaki yang tidak akan terlindungi dan akan langsung terbentur dengan jalan. Akibatnya bisa kalian bayangkan sendiri kan? Oleh karena itu, hilangkan kebiasaan ini yak.

5.Tidak memakai jaket

Dan yang terakhir yakni tidak memakai jaket. Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa memakai jaket akan mebuat gerah. Padahal, berkendara tanpa memakai jaket justru berbahaya. Kenapa? Sebab jaket tidak hanya melindungi badanmu dari terpaan angina, melainkan juga dapat menyelamatkanmu dari cedera parah jika terjadi keelakaan.Itulah kebiasaan-kebiasaan buruk yang wajib kalian hilangkan saat berkendara menggunakan sepeda motor yak. Semoga bermanfaaat.

You may also like

Leave a Comment