Ingin Memperbaiki Postur Tubuh? Lakukan Olahraga Pilates!

Apakah anda memiliki postur tubuh yang tidak ideal? Apa benar pilates dapat memperbaiki postur tubuh?

Mungkin anda sering mendengar jenis olahraga pilates, olahraga tersebut merupakan jenis olahraga yang dilakukan dengan cara membuat gerakan-gerakan unik dengan bantuan alat pilates. Meskipun terlihat sederhana, ternyata pilates sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Dengan melakukan olahraga pilates di rumah bahkan postur tubuh anda menjadi lebih baik. Apa benar?

Pilates untuk pertama kalinya ditemukan oleh pria asal Jerman, Joseph Pilates. Joseph yang semasa kecilnya mengalami banyak penyakit seperti asma dan demam rematik, kemudian ketika beranjak dewasa Joseph tertarik pada gym. Joseph sering berolahraga dan pada akhirnya semakin jarang terserang penyakit.

Manfaat Olahraga Senam untuk Kesehatan dan Postur Tubuh

Joseph menyimpulkan, penyebab seseorang mengalami penyakit adalah kurang berolahraga. Berawal dari situ Joseph kemudian mengembangkan suatu jenis olahraga yang dapat menyeimbangkan kesehatan pikiran dan tubuh, yang dinamai dengan pilates. Gerakan dasar pilates adalah gabungan antara gym, ilmu bela diri, yoga, dan menari. Pilates identik dengan gerakan-gerakan yang membuat otot-otot tubuh bekerja keras, namun semakun cepat pula otot-otot tubuh terbentuk.

Lalu apakah benar pilates dapat memperbaiki postur tubuh? Postur tubuh seseorang tentu sangat penting untuk menunjang penampilan. Postur tubuh yang buruk bisa membuat otot dan tulang tidak simetris, dan dapat melukai dan mengganggu kerja organ vital seperti jantung dan paru. Bagi mereka yang mengalami skoliosis (struktur tulang belakang yang miring) juga memiliki risiko tinggi terkena osteopenia (gangguan pada tulang akibat kehilangan kepadatannya).

Bagi mereka yang mengalami hal tersebut maka akan mengalami keterbatasan beraktivitas, seperti tidak bisa duduk atau berdiri terlalu lama hingga nyeri pada punggung belakang. Manfaat pilates untuk tubuh ternyata dapat membantu menurunkan derajat kemiringan tulang belakang pada orang yang terkena skoliosis. Gerakan-gerakan pilates juga mampu membantu mengendalikan keparahan gejala skoliosis, termasuk mengurangi nyeri.

Olahraga Pilates (squarespace.com)

Selain mengobati skoliosis, gerakan pada olahraga pilates dapat menguatkan dan meningkatkan massa otot tubuh. Sehingga tidak heran jika olahraga pilates dapat meningkatkan kelenturan dan ketahanan tubuh. Sehingga pilates akan sangat cocok bagi mereka yang berprofesi sebagai penari atau perenang indah.

Selain itu teknik-teknik yang dapat memperbaiki postur tubuh dan menjaga kesimetrisan tubuh saat berdiri, juga dapat meningkatkan keseimbangan dan membantu mengendalikan gerakan-gerakan yang Anda buat. Teknik-teknik pada pilates juga menekankan aktivitas pada otot yang berada di tulang belakang lumbal, sehingga membuat bagian pinggang dan tulang belakang menjadi lebih seimbang. Maka, postur tubuh Anda jadi terlihat lebih ideal.

Manfaat perbaikan postur tubuh ini diperoleh melalui gerakan-gerakan pilates yang membutuhkan kerja otot, sehingga membentuk otot yang sempurnya. Syaratnya adalah dengan melakukan gerakan-gerakan secara berulang, mulai dari gerakan pilates untuk pemula hingga tingkatan yang lebih sulit.