Home Market Analisis Pasar Kafe di Indonesia, Masih Menjanjikan?

Analisis Pasar Kafe di Indonesia, Masih Menjanjikan?

by Kambali Mansur
0 comment

Menguntungkan atau tidak, berikut ini prospek dan analisis pasar kafe di Indonesia.

Menyeruput kopi kini bergeser menjadi gaya hiudp ketika menikmatinya di coffe shop atau kafe. Semakin menjamurnya usaha kafe yang ada, apakah memang menguntungkan. Berikut ini analisis pasar kafe di Indonesia.

Analisis Pasar Kafe, Bisnis yang Menggiurkan

Semaraknya media sosial, membuat budaya minum kopi digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, pekerja berat dan lain-lain. Hal tersebut membuka peluang besar usaha kafe dapat dimulai oleh siapa saja.

1.Menu yang Simpel

Selain menyajikan menu berbagai racikan kopi, ketika memulai bisnis kafe maka juga akan ada beberapa menu tambahan atau pendukung. Menu-menu tersebut kemudian akan disajikan secara menarik dan tentunya modern.

Beberapa kafe telah menyajikan beberapa menu tambahan dengan penyajian yang mudah dan sederhana. Beberapa menu pendamping kopi tersebut di antaranya kentang goreng, burger, roti, donat, dan makanan ringan lainnya.

Menu Kafe (Pinterest)

2. Tempat Nyaman

Dalam memulai bisnis kafe, sebenarnya tidak perlu menyediakan bangunan yang mewah dan besar, namun yang diperlukan adalah sebuah desain tempat yang berkarakter dan  membuat pengunjung nyaman. Selain itu lokasi yang strategis juga merupakan faktor penting.

3. Pasar yang Luas

Bisnis kafe memiliki pasar yang sangat luas, mulai dari masyarakatdari kalangan kelas bawah hingga atas, usia remaja hingga dewasa, dapat dipastikan menjadi konsumen kopi. Hal tersebut yang melatarbelakangi mengapa bisnis kafe dapat meraih keuntungan besar. Perlu untuk diperhatikan sasaran konsumen yang akan dibidik, tentu anda tidak ingin menyajika kopi dengan harga yang terlampau mahal jika lokasi berada di sekitaran sekolahan.


4. Omzet Harian  Besar

Bisnis kafe memungkinkan untuk meraup keuntungan atau omzet harian dalam jumlah yang realatif besar, dengan omzet tersebut juga akan meningkat pada hari libur. Hal tersebut yang membuat pebisnis kopi bahkan membuka kafenya 24 jam setiap harinya.

Berdasarkan poin analisis tersebut dapat disimpulkan jika bisnis kafe adalah usaha yang masih menjanjikan dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Namun yang perlu diperhatikan juga manajemen dari bisnis kafe tersebut.

Untuk memulai bisnis kafe harus dilakukan dengan manajemen dan pencatatan yang rapi dan benar. Selain itu dalam bisnis kafe juga dibutuhkan inovasi yang tiada hentinya. Hal tersebut dikarenakan dari waktu ke waktu semakin banyak coffe shop yang ada.

Meskipun demikian dari banyaknya coffe shop yang muncul tidak sedikit juga yang kemudian gulung tikar. Melalui analisis pasar kafe di Indoensia di atas, maka juga perlu untuk melakukan riset lapangan.

You may also like

Leave a Comment