Home ยป Ada Beberapa Permasalahan yang Biasanya Dialami Oleh Anak Muda dan Berpengaruh pada Finansialnya.

Ada Beberapa Permasalahan yang Biasanya Dialami Oleh Anak Muda dan Berpengaruh pada Finansialnya.

by admin
0 comment

Cerita sukses di masa muda memang dapat memberikan semangat lebih untuk para kaum muda agar mau bekerja lebih keras lagi dan menata finansial mereka sebaik mungkin. Namun terkadang hal tersebut tidak bertahan lama. Kaum muda masih sering hanyut ke dalam pergaulan dan hal-hal yang mereka sukai saja. Hal seperti itu memang wajar, karena kaum muda memang masih dalam tahap pencarian jati diri. Ada beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan oleh kaum muda. Kesalahan tersebut tentu berpengaruh pada kondisi finansial mereka ke depannya.

Salah satu cara sukses di usia muda adalah dengan menghindari beberapa kesalahan berikut ini.

1.Konsumtif

Kesalahan ini sering sekali dilakukan orang-orang di masa mudanya. Mereka lebih memilih membelanjakan uang mereka dengan keperluan yang sebenarnya tidak memiliki urgensi sama sekali. Bahkan bisa dikatakan hanya membeli sesuatu yang berdasarkan pada keinginan saja. Jika Anda merasa seperti ini, Anda harus mulai mengendalikan perilaku semacam itu.  Bedakan antara kebutuhan dan mana yang hanya sebatas keinginan. Jika Anda membiarkan sifat seperti ini terus menerus, maka jangan heran jika di masa kini dan masa mendatang Anda akan mengalami kesulitan finansial.

Jika Anda merasa memiliki uang berlebih yang menurut Anda tidak akan masalah jika membelanjakannya, cobalh untuk menabungnya saja. Kita tidak tahu masa depan seperti apa yang akan dihadapi. Bisa saja Anda mengalami kebangkrutan di masa mendatang.

2.Tidak Menabung

Tidak memiliki tabungan adalah salah satu buntut hidup secara konsumtif. Mungkin hal ini terjadi juga pada Anda. Anda merasa tidak memiliki tanggungan atau kebutuhan, sehingga Anda lebih memilih untuk membelanjakannya saja. Pandangan ini tentu tidak baik bagi kehidupan finansial Anda ke depannya. Menabung bisa menjadi satu cara untuk mendidik diri sendiri agar tidak konsumtif. Selain itu, bisa juga dikatakan bahwa salah satu kunci sukses adalah menabung.

3.Hutang

Jangan membiasakan diri berhutang, baik hutang kepada kawan dekat, bank, bahkan keluarga. Hindari juga hutang kecil maupun hutang besar. Hutang akan menjadi sangat berbahaya jika Anda tidak memiliki tujuan yang positif. Anda bahkan bisa terkena masalah yang tidak ada habisnya hanya karena hutang. Seperti halnya cerita sinetron di televisi, para kaum muda rela hutang hanya untuk memenuhi kebutuhan sosialitanya sendiri. Hutang yang digunakan untuk urusan semacam ini sangat tidak perlu. Sebisa mungkin Anda menghindarinya. Hutang juga akan berpengaruh pada kehidupan finansial Anda ke depan.

konsumtif (shivadevy.com)

4.Tidak Memiliki Tujuan

Arah masa depan memang terkadang sangat membingungkan bagi para kaum muda. Mugkin Anda sempat merasakan keragu-raguan atas apa yang sedang Anda lakukan untuk masa depan Anda. Namun hal tesebut memang wajar bagi para kaum muda. Usahakan untuk memiliki tujuan dan arah Anda ke depannya. Arah ini bisa berupa arah karir, target, dan apapun yang terkait masa depan Anda. Jangan Sampai Anda hanya bermodal keyakinan mengikuti arus air. Bekerja keraslah!

Itulah kesalahan yang bisanya dilakukan oleh kaum muda. Semoga Anda dapat segera menghindarinyat.

Semoga bermanfaat

You may also like

Leave a Comment