Home MarketFinansial Agar Dapat Mengatur Finansial di Masa Muda, Ikuti Beberapa Tips Berikut Ini.

Agar Dapat Mengatur Finansial di Masa Muda, Ikuti Beberapa Tips Berikut Ini.

by admin
0 comment

Masa muda adalah masa transisi dari kanak-kanak menuju dewasa. Pada masa ini pula pemikiran yang dimiliki belum begitu matang. Perencanaan pada hidupnya belum disadari secara penuh. Hal yang tanpa sengaja terabaikan pada masa ini adalah permasalahan finansial. Padahal perencanaan finansial juga sangat penting bagi masa depannya kelak. Meskipun tidak semua orang memiliki pekerjaan yang bagus atau pendapatan yang cukup pada masa muda, bukan berarti pada masa ini boleh mengabaikan finansialnya. justru pada masa muda adalah masa yang tepat untuk mulai memikirkan finansialnya, yaitu dengan cara menabung. Lakukan beberapa hal berikut ini sebagai salah satu usaha untuk mempersiapkan masa muda Anda.

Berikut ini adalah beberapa kiat-kiat mengatur finansialmu untuk masa depan.


Masa muda mulai menabung(tulisanmasden.wordpress.com)

1.Menabung
Menabung menjadi salah satu langkah awal untuk mempersiapkan finasialmu di usia muda. Meskipun Anda belum memiliki pekerjaan yang Anda impikan, atau gaji Anda masih dirasa belum cukup, dan hal-hal lain yang Anda rasa masih jauh dari impian, Anda tetap harus mulai menabung. Menabung sebagian pendapatan Anda akan menyelamatkan Anda suatu saat nanti. Anda tidak perlu menabung dengan nominal banyak. Menabunglah sesuai kemampuan Anda. Lakukan perhitungan kebutuhan pokok dan tidak agar menabung dapat lebih tertarget. Hindari melakukan kebiasaan jelek orang muda lainnya yang bersifat negatif yang justru akan merusak finansialmu, seperti foya-foya, dan lain sebagainya.

2.Harus memiliki tujuan yang jelas
Mungkin Anda adalah salah satu seseorang yang masih tidak tahu bagaimana rencana Anda di masa depan nanti. Apakah Anda akan membeli rumah, atau mencoba membangun sebuah bisnis, atau mencoba mencari pekerjaan yang sesuai dengan Anda, dan sebagainya. Di masa muda, seseorang sudah harus tahu apa yang ingin ia capai. Jika seseorang telah mengetahui apa yang ingin dicapai, kemudahan dalam menentukan langkah selanjutnya akan lebih terbuka. Tujuan yang Anda miliki di masa muda juga akan memudahkan Anda dalam mengatur finansialmu. Anda dapat bekerja lebih giat jika ternyata finansialmu tidak cukup untuk meraih cita-cita Anda nanti.

3.Investasi
Tidak ada salahnya jika Anda memulai investasi di usia muda. Justru investai akan baik untuk Anda. Investasi akan menjadi salah satu tabungan Anda yang berharga. Bahkan Anda dapat memperoleh keuntungan tambahan di luar pendapatan pokok dari investasi yang Anda miliki. Menentukan model investasi juga tidak boleh sembarangan. Meskipun ada berbagai kemudahan dalam berinvestasi di era sekarang, ketepatan investasi juga membutuhkan perhitungan yang matang. Ada berbagai bentuk investasi yang bisa dipilih, seperti investasi properti, investasi emas, investasi saham, dan lain sebagainya.

Ketiga hal di atas setidaknya harus Anda mulai di masa muda agar masa memperoleh gemilang di masa depan.

You may also like

Leave a Comment