Home ยป Untuk Memudahkan Anda Membeli Rumah, Anda Bisa Memlakukannya Dengan Cara KPR. Simak Artikel Selengkapnya.

Untuk Memudahkan Anda Membeli Rumah, Anda Bisa Memlakukannya Dengan Cara KPR. Simak Artikel Selengkapnya.

by admin
0 comment

Rumah untuk tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga. Bagi sebagian orang, membeli rumah menjadi salah satu prioritas yang harus disegerakan. Kebutuhan untuk memiliki rumah terkadang tidak diimbangi dengan kesiapan fianansial. Harga rumah yang setiap tahunnya meningkat membuat beberapa orang harus merogoh kocek mereka dalam-dalam. Selain membeli rumah dengan cash, Anda juga dapat memilih beberapa cara dalam membeli rumah, salah satunya adalah dengan kredit kepemilikan rumah (KPR). KPR merupakan salah satu program dari pemerintah yang bekerja sama dengan pihak perbankan untuk membantu masyarakat membeli rumah idaman.

Untuk membeli rumah yang Anda idamkan dengan cara KPR, berikut ini kami informasikan prosedurnya.

1.Mencari rumah

Tidak semua rumah bisa Anda beli dengan cara KPR. Karenanya, Anda harus menemukan pilihan rumah yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan cara KPR. Ada 2 hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa menentukan rumah tersebut. Pertama, Anda bisa mendatangi bank dan dan meminta informasi terkait lokasi rumah yang tersedia untuk kredit KPR. Kedua, Anda bisa mencari rumah yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan cara KPR melalu internet. Banyak pengembang perumahan yang kini juga menyediakan fasilitas tersebut. Anda bisa membandingkan type rumah atau ukuran rumah berfasilitas KPR sesuai dengan selera dan kemampuan Anda.


Membeli rumah dengan cara KPR harus teliti ( citramaja.com )

2.Gali informasi terkait rumah yang Anda pilih

Setelah Anda menemukan rumah yang disukai, Anda harus menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang rumah tersebut. Anda bisa bertanya segala hal yang berhubungan dengan rumah tersebut. Dimulai dari harga, jumlah uang muka yang harus Anda bayar, cicilan yang harus Anda keluarkan perbulannya, dan hal-hal terkait pembayaran KPR lainnya. Selain masalah pembayaran, Anda juga bisa menggali informasi tentang

denah dan desain, lingkungannya apakah perumahan atau bukan, dan sebagainya. Pastikan juga Anda akan mendapatkan rumah yang sama dengan denah aslinya. Jika Anda memilih rumah KPR yang masih dalam tahap pembangunan, Anda harus memastikan kapan rumah tersebut jadi dan siap huni. Ketelitian harus benar-benar Anda miliki ketika memilih rumah KPR, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

3.Biaya pemesanan tanda jadi sekaligus uang muka

Jika telah puas dengan informasi terkait rumah impian yang Anda dapatkan, Anda bisa melanjutkan tahap selanjutnya yaitu membayar tanda jadi, atau bisa juga sekaligus uang muka. Pembayaran tanda jadi bisa disebut juga biaya uang muka. Biaya ini sebagai bukti komitmen Anda atas rumah yang akan dibeli. Selain itu, memberikan biaya tanda jadi juga akan memastikan bahwa rumah atau kavling yang Anda incar tidak jatuh ke tangan orang lain.

4.Ajukan KPR Ke Pihak Bank

Setelah uang muka lunas, Anda sudah bisa mengajukan kredit KPR ke Bank yang Anda percaya. Anda bisa menanyakan beberapa dokumen persyaratan yang harus Anda lengkapi. Masing-masing bakn berbeda, Anda bisa meminta bantuan ke pihak pengembang rumah untuk membantu Anda. Biasanya pihak pengembang telah bekerja sama dengan beberapa bank. Pihak bank akan melakukan survei terkait Anda dan keluarga.

Itulah beberapa langkah memberli rumah dengan cara KPR. Semoga dapat membantu.

You may also like

Leave a Comment