Home ยป Perkembangan Pasar Modal Saat Ini dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Perkembangan Pasar Modal Saat Ini dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

by admin
0 comment

Bagaimana hubungan pasar modal dan pengaruhnya terhadap ekonomi nasional?

Tahun 2019 ini, perkembangan pasar modal Indonesia lebih membaik dibandingkan tahun 2019. Perkembangan pasar modal saat ini yang lebih baik tersebut tidak lepas dari pembangungan infrastruktur di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Infrastruktur yang baik secara tidak langsung akan memberikan kontribusi berupa kemudahan akses, sehingga investor lebih aman dan percaya. Hal tersebut dibuktikan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menorehkan prestasi membanggakan dengan capaian peningkataan perdagangan pasar modal Indonesia meningkat sebesar 40%.

Apakah Perkembangan Pasar Modal Saat Ini Berpengaruh pada Perekonomian?

Pasar modal merupakan wadah dari instrumen keuangan yang memperjual belikan surat-surat berharga berupa obligasi saham, dengan kegiatan yang dilakukan di bursa. Sehingga perkembangan pasar modal akan dipengaruhi oleh beberapa  faktor  seperti nilai kapitalisasi, nilai saham yang ditransaksikan, dan indeks harga saham.

Kemudian jika terjadi perubahan dari berbagai faktor tersebut, maka akan berpengaruh stabilitas perekonomian maupun politik, juga keamanan yang sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan pelaku ekonomi. sehingga pasar modal akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian.

Pembangunan Infrastruktur Akan Meningkatkan Kepercayaan Investor (politiktoday.com)

Berkaitan dengan pertumbuhan ekonimi, tentu ada kaitannya dengan pasar modal. Pertumbuhan ekonomi merupakan kenaikan jangka panjang dari kemampuan negara menyediakan barang ekonomi. Kemampuan tersebut lalu disesuaikan dengan kemajuan teknologi, penyesuaian kelembagaan, dan ideologi. Umumnya perkembangan atau pembangunan selalu disertai dengan pertumbuhan, meskipun pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan atau perkembangan.

Faktor dari pertumbuhan ekonomi terdiri dari akumulasi modal, pertumbuhan penduduk dan tenaga kerja, dan kemajuan teknologi. Sehingga akumulasi modal terjadi jika pendapatan diinvestasikan, dan faktor positif dari pertumbuhan ekonomi adalah pertumbuhan dari penduduk atau tenaga kerja itu sendiri yang didorong oleh kemajuan teknologi.


Peningkatan pasar saham yang membawa investor pada sektor-sektor yang lebih luas, merupakan indikasi dari peningkatan investasi riil.Berbeda dengan tingkat perkembangan pasar modal yang rendah, maka akan menurunkan tingkat investasi riil. Perkembangan pasar modal akan membawa perekonomian pasa surplus neraca pembayaran, dikarenakan tingkat aliran dana yang berasal dari luar negeri lebih cepat.Sehingga pada akhirnya perubahan pertumbuhan nilai tukar, pertumbuahan investasi riil, pertumbuhan tingkat inflasi, dan neraca pembayaran akan memiliki pengaruh pada pertumbuhan ekonomi yang kemudian menghasilkan trickle down-effect (yang bermuara pada perbaikan tingkat kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan). Maka perkembangan pasar modal saat ini adalah sinyal positif dari Indonesia di beberapa tahun kedepan.

You may also like

Leave a Comment