Home » Bertemu CEO Dona Sport, Jokowi Pastikan MotoGP 2021 di Gelar di Indonesia.

Bertemu CEO Dona Sport, Jokowi Pastikan MotoGP 2021 di Gelar di Indonesia.

by admin
0 comment

Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP selama tiga tahun mulai dari tahun 2021

Kabar gembira datang bagi pecinta MotoGP Indonesia, Pasalnya, Indonesia dipastikan bakal menjadi tuan rumah  ajang balap internasional MotoGP pada 2021. Kabar ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (jokowi) usai menerima kunjungan dari CEO Dona Sport, Carmelo Ezpelata di Istana Bogor, Senin (11/3/2019).

Dalam kesempatan itu, jokowi menjelaskan tentang kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2021 kepada Dorna Sport selaku promotor MotoGP.

“Mr Carmelo hanya ingin mendapatkan keyakinan bahwa kita siap baik dalam organisasi menyiapkan Insfratuktur menuju kesana (motoGP 2021). Dan saya tegaskan, kita siap,” ungkap Jokowi.

Presiden jokowi juga meyampaikan kepada wartawan bahwa Indonesia sudah meneken kesepakatan kerjasama  dengan Promotor MotoGP 2021 Dona Sport, melalui Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Berkaca dari kesusksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu, Jokowi menegaskan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Kala itu, Indonesia berhasil mengorganisir perhelatan olahraga akbar se-Asia tersebut dan mendatangkan belasan ribu kontingan dari 45 negara.

“Asian Games yang mendatangkan belasan ribu atlet  kita bisa mengorganisasi kok, kita harus optimis, harus siap,” katanya.

dilansir dari motorsport.com. dalam tanda tangan kontrak yang dilakukan oleh ITDC dengan Dona Sport, Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP selama 3 tahun yang dimulai dari 2021.

“kontraknya akan berlangsung selama 3 tahun, mulai 2021,” ungkap DIrektur ITDC, Abdulbar M Mansoer.

Abdulbar juga menambahkan, dalam kontrak tersebut, juga terdapat opsi untuk memperpanjang masa kerjasama setelah kontrak pertama usai.

Untuk lokasinya, Perhelatan MotoGP pada 2021 nantinya, akan diadakan dikawasan Mandalika, Lombok Nusa Tengara Barat.  Kawasan Mandalika sendiri masuk dalam kawasan yang dikembangan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menjadi salah satu Kawasan Strategis Nasional (KSPN).

Desiain sirkuit mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat ( Faktualnews.co )

Ditanya mengenai desain sirkuit, Abdulbar menjelaskan kepada wartwan bahwa sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. dan memiliki 18 tikungan. Desain ini sudah mendapat persetujuan dari FIM Grand peix Safety Officer.“kami sudah desain sirkuitnya, dan sudah kami ajukan ke Franco Uncini dan Loris Capirossi. Kedepanya, Circuit yang dibangun di Mandalika, Akan menjadi Street Cirkuit yang pertama di MotoGP, yang dibangun diawal, tidak seperti yang ada di Singapura dan Monako,” terang Abdullbar.

You may also like

Leave a Comment