Home » Toyota Avanza vs Wuling Confero S, Lebih Nyaman Mana?

Toyota Avanza vs Wuling Confero S, Lebih Nyaman Mana?

by admin
0 comment

Berada pada segmen yang sama, Toyota Avanza harus bersaing dengan kehadiran Wuling Convero S. Lantas lebih nyaman mana?

Berada pada level Low MPV, Avanza kini ditantang oleh pendatang baru otomotif di Indonesia. Wuling Convero S, pabrikan mobil asal Tiongkok ini melakukan invansi besar-besaran di tanah air. Lalu apakah kehadiran Wuling Convero S dapat merebut hari para pecinta Toyota Avanza Indonesia?

Review Toyota Avanza vs Wuling Convero S, Kenyamanan dan Kekedapan Kabin

Meskipun low MPV menyasar pasar menengah ke bawah, namun hal tersebut adalah hal menggiurkan yang dilihat dari Wuling. Di Indonesia, Low MPV digunakan sebagai mobil keluarga dan sering dipakai beramai-ramai untuk perjalanan jauh. Sehingga faktor kenyamanan adalah hal yang utama dalam memilih low MPV.


Faktor kenyamanan dapat ditinjau dari beberapa hal, mulai bantingan suspensi yang bisa dirasakan langsung oleh tester, kenyamanan tempat duduk, sampai tingkat kekedapan kabin.

Jika ditinjau dari bantingan suspensi, memang pada model Avanza tipe G dan Wuling Confero S hampir mirip, namun yang membedakan adalah posisi tempat duduk pada Confero S terasa lebih nyaman. Hal tersebut disebabkan oleh lapisan material pelapis jok di Confero S lebih empuk jika dibandingkan dengan Avanza—dengan mengandalkan material fabric pada joknya.

Interior Wuling Convero S (klikmobilwuling.com)

Meskipun hanya memakai material kulit imitasi, namun lapisan tersebut membuatnya nyaman lantaran terasa lebih empuk. Sehingga hal tersebut memberi ekstra kenyamanan saat duduk di atasnya.

Beda halnya soal kekedapan kabin, tipe Avanza yang baru telah melakukan pembaharuan yang dapat dibilang berhasil. Berdasarkan pengetesan, ketika AC mati dalam keadaan idle, Confero S di angka 31,7 dB dan Avanza di 31,4 dB. Lalu ketika kondisi idle AC menyala, dalam keadaan idle, Confero S pada angka 36,3 dB, sedangkan Avanza 33,4 dB. Hal tersebut dapat disebabkan oleh pengaruh blower AC yang menyala cukup besar dan berisik.Kemudian ketika digunakan tes berkendara pada kecepatan 60 km/jam, Confero S mencatat angka 63,9 dB dan Avanza di 63,1 dB. Berdasarkan uji coba tersebut, meskipun dengan hasil yang tipis, dapat disimpulkan jika kabin Toyota Avanza lebih senyap dibandingkan Confero S. meskipun secara keseluruhan Wuling Confero S lebih nyaman dan lebih mempunyai ruang yang lega ketika dikendarai lama.

You may also like

Leave a Comment