Home ยป Menilik Jejak Karir Marc Marquez, Sang Jawara Termuda Diajang MotoGP

Menilik Jejak Karir Marc Marquez, Sang Jawara Termuda Diajang MotoGP

by admin
0 comment

Marc Marquez menjadi rider MotoGP termuda dalam sejarah

Dua puluh enam tahun silam, tepatnya 17 februari 1993 merupakan hari special bagi pasangan  Roser Marquez dan Julia Alenta, pasalnya hari itu merupakan hari dimana putra sulungnya Marc Marquez lahir didunia. Marquez lahir dari keluarga sederhana. Ayah Marquez (Roser) merupakan seorang pekerja kontruksi, dan ibunya (Alenta) bekerja sebagai sekretaris. Kedua orang tuanya bekerja amat keras untuk menghidupi anak-anaknya.

Namun hal tersebut tak menjadikan ayah dan ibu Marquez menyerah. Mereka terus berusaha keras, hingga kelak mengantarkan Marc menjadi juara dunia.

Berikut kami sajikan narasi perjalan karir Marc Marquez.

Marquez ( Sports.okezone.com )

Pada tahun 1997, kala itu, Saat Marc masih berusia empat tahun, Marc kecil meminta hadiah natal berupa motor kepada orangtuanya. Namun ayah dan ibu Marc baru memberinya hadiah motor dua tahun kemudian. Waktu itu motor yang diterima marc sebagai hadiah merupakan motor bekas 50cc.

Setahun kemudian, Marquez memulai debut perdananya dalam ajang balapan Motocross.  Diajang balapan pertamanya tersebut, Marquez langsung menjadi juara Motocross Catalan Championship. Ia menjadi juara saat usianya baru menginjak 7 tahun.

Kemudian, tahun 2002, Marquez mulai mencoba untuk mengikuti balap motor.  Kompetisi pertama yang diikutinya saat itu adalah RACC terbuka 50.  Setahun kemudian marquez naik kasta dengan kelas 125cc. saat itu marquez menempati posisi kedua. Dan yang menjadi juara pertama adalah rekan setimnya Pol Espargaro.

Lalu, setahun kemudan,Marquez bertemu dengan Emilio Alzamora, yang merupakan mantan juara dunia kelas 125cc. dikemudian hari Emilio menjad manajer Marquez, saat itu pula Marquez menjadi pembalap di Monlau Competition Team.

Lima tahun kemudian, Marquez memulai debut perdananya dalam kejuaraan dunia motorcross dengan Repsol KTM Team. Saat itu Marquez menjadi pembalap Spanyol termuda  yang menduduki Pole Position pada GP Portugal. Kala itu Marquez baru menginjak usia 15 tahun dan 56 hari. Ia juga menjadi pembalap termuda yang menginjakkan kaki dipodium  dengan usia 15 tahun 127 hari.

Tahun 2009, marquez kembali menginjakkan kakinya dipodium, saat itu ia menduduki posisi ketiga diajang World Championship di Prancis Grand Prix. Marquez merupakan pembalap termuda kedua yang bisa naik ke podium. Kemudian marquez menjadi juara dikelas 125cc saat ia berusia 17 tahun, dengan mengantongi 10 kali kemenangan dan 12 kali Pole Position.

Ditahun selanjutnya, Marques kembali naik kasta, Kali ini Moto2. Marquez tampil amat impresif. Ia memenangi tujuh pertandingan, dan tiga kali berada di posisi runner-up.  Atas penampilannya yang gemilang itu, ia mendapat gelar sebagai Rookie of the Year. Namun setahun kemudian. Marques kehilangan hampir semua preseason, hal tersebut dikarenakan Marquez mengalami cedera setalah terjatuh dibalapan yang digelar di Malaysia tahun 2011. Setelah sembuh dari cederanya,, ia kembali menutup musim kompetisi Moto2 sebagai juara.

Ditahun 2013 Marquez memulai debut pertamanya diajang MotoGP kelas 500cc. saat itu marquez menggantikan Casey Stoner yang saat itu memilih untuk pension muda di tim utama. Di seri pertamanya balapan di MotoGP Qatar, Ia langsung menduduki posisi ke tiga. selanjutnya, Marquez menjadikan dirinya sebagai juara termuda saat ia tampil di Sirkuit Austin, Texas.

Atas restasi gemilangnya dimusim tersebut, Marques menjadi pendatang baru dengan kemenangan terbanyak dimusim perdananya dikelas 500cc, dan mengalahkan rekor Kenny Roberts dengan empat kemengan ditahun 1978.Marquez Menjadi Rider termuda di MotoGP sepanjang sejarah. Marquez juga meraih gelar 5 kali juara dunia disemua kelas. Mengalahkan capaian seniornya Valentino Rossi.

You may also like

Leave a Comment